Senin, 17 Maret 2008

Bagaimana cara membuat jaringan LAN unt rumah? alat apa saja yg dibutuhkan?


Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak

Tergantung berapa komputer yang mau dikoneksikan.
Kalau cuma 2 atau 3 komputer bisa langsung pakai kabel UTP aja, kalau lebih mendingan beli switch atau wireless router/ Wireless access point.

Kalo mau koneksi 3 komputer, paling murah tuh beli 1 buah Ethernet card (Dengan asumsi masing2 komputer pada awalnya sudah memiliki 1 Ethernet card) dan 2 kabel UTP dengan settingan Cross (panjangnya sesuai kebutuhan). Nah, salah satu komputernya dipasangin Ethernet card yang barunya (jadi nanti punya 2 Ethernet card), abis itu dari network connection, select /blok kedua LAN card tersebut, trus pilih Bridge Connections. Selesai deh, tinggal colokin kabel UTPnya aja

Cara kedua, pake Switch atau Wireless router. Kalo mau gampang sih enakan pake Wireless Router biar lebih keren, sapa tau nanti mau pake wireless (dari laptop misalnya). Cari wireless routernya yang punya port Kabel UTP (biasanya disediain 4 port buat kabel), supaya bisa pake kabel dan wifi sekaligus.

Kalo buat client Wifi sendiri, bisa beli Wireless USB Dongle, tinggal colok bisa Wifi deh. harganya sekitar 300 ribuan per Dongle. Jelas lebih mahal sih, cuma enaknya tuh dongle bisa dibawa2 kemana2, flexible, kagak repot.

Pakai USB Dongle tanpa Router / access point jg bisa sih, cuma agak repot settingnya. lagian speednya maksimum cuma 11Mbps (sekitar 1,4 Megabyte per detik, lambat)

Kalo soal alat, kalo wireless yah tinggal colok aja. Kalo pake kabel, pas beli di tokonya bilang aja mau sambung dari komputer ke apaan (kalo komputer ke komputer pake cross cable, kalo komputer ke switch / router / hub pake straight). Nanti tuh toko komputer ngerti kok, tinggal minta dibikinin aja kabelnya. Trus kalo nambah 1 Ethernet card, yah cuma perlu obeng kembang aja buat masang :

Istilah-istilah "Internet dan Jaringan"


ADD-IN CARD Suatu kartu/papan ekspansi yang mempunyai ukuran sesuai dengan slot yang terdapat di komputer, digunakan untuk menghubungkan peralatan lain.

ADN Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.
ADSL Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

ANONYMOUS FTP Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan "Anonymous" pada isian Username dan alamat email sebagai password.

APLIKASI Sekumpulan program yang dikemas sebagai sebuah paket untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas tertentu, namun cenderung lengkap, misalnya mengolah kata.
ARPANET Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

ASCII American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.

ATTACHMENT Jika mengirim sebuah file melalui e-mail, maka file bersangkutan disebut sebagai attachment. Jenis file attachment melalui e-mail dapat dalam bentuk apa saja.

AUTHENTICATION Suatu proses verifikasi yang mengidentifikasi penguna, biasanya verifikasi identitas ID pengguna dan password.
BACK DOOR Cara mencapai suatu sistem yang dilindungi password (kata sandi) tanpa menggunakan password. Biasanya dijaga dengan ketat untuk menghindari pengerusakan atau penyalahgunaan.

BACK END PROCESSOR Sebuah server biasa disebut sebagai Back End, dan workstation disebut sebagai Front End. Pada LAN Back End Processor beroperasi pada server, dan bertanggungjawab menjaga integritas data serta menangani kerja prosesor-intensif, seperti penyimpanan dan manipulasi data.

BACK END SERVER Basisdata yang berfungsi dan berprosedur untuk memanipulasi data pada sebuah jaringan.
BACK OFFICE OPERATION Manajemen dan pendukung pekerjaan yang dilakukan jauh dari kantor utama, antara lain seperti pemrosesan kartu kredit, telemarketing, pemeliharaan file data.

BACK UP SERVER Sebuah program atau alat yang dapat meng-copy file hingga sedikitnya dua copy file yang mutakhir tetap tersedia.

BACKBONE Link internet berkecepatan tinggi yang menghubungkan link-link berkapasitas lebih kecil. Umumnya backbone internet menghubungan semua tempat/daerah di satu negara, atau antar negara, atau antar benua.
BACKBONE NETWORK Mekanisme sambungan primer dari suatu jaringan terdistribusi yang berstruktur hirarki. Semua sistem yang memiliki sambungan ke sebuah sistem lanjutan pada jaringan backbone, akan juga memiliki sambungan ke jaringan lainnya.

BACKBONE ROUTER Sistem berkapasitas tinggi yang mengarahkan dan meneruskan arus informasi melintasi backbone jaringan pada saluran leased line.

BACKUP Copy atau duplikasi data komputer pada media penyimpanan eksternal, seperti disket, CD, atau tape.

BAD SECTOR Bagian area yang tidak efektif dari disk (floppy atau hardisk). Perintah MS-DOS atau Windows, yaitu FORMAT, dapat mengunci bad sector, sehingga area tersebut tidak digunakan lagi.

BALLON HELP Suatu bentuk bantuan dengan cara meletakan kursor komputer di atas button atau suatu perintah, beberapa detik kemudian akan muncul tips pertolongan dalam bentuk balon yang menerangkan fungsi dari button tersebut.

BANDWIDTH Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan kanal komputer. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika ditulisdalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second.
BAUD RATE Suatu ukuran seberapa cepat modem dapat mentrasfer data.

BINARY Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.

BIOS Basic Input/Output System. Suatu himpunan program yang saling bekerja erat dengan perangkat keras untuk mendukung perpindahan informasi di antara unsur-unsur sistem seperti memori, disk, dan layar monitor.

BIT BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1

BMP Singkatan dari Bitmap. Sebuah format penyimpanan gambar digital; biasa dipakai Windows, contohnya untuk menampilkan wallpaper.

BOOTING Sebuah perintah untuk mengulangi operasi sebuah komputer dari awal

BPS Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

BROADBAND Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.

BROWSER Aplikasi untuk dapat melihat isi situs di internet.

BUG adalah segala kesalahan atau salah fungsi dalam program atau sistem komputer

BYTE Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.

CABLE MODEM Alat yang mengirim dan menerima informasi komputer melalui jalur kabel televisi. Kecepatannya melebihi modem dial-up.

CACHE Mekanisme untuk mempercepat perpindahan data dengan cara menyimpan data yang telah diakses pada suatu buffer. Jika data yang sama akan diakses, maka proses pengaksesan data bersangkutan akan berlangsung lebih cepat. Pada internet, sebuah proxy cache akan dapat mempercepat proses browsing dengan cara menyimpan data yang telah diakses pada komputer yang berjarak dekat dengan komputer pengakses.

CACHE MEMORY Ketersediaan RAM (Random Access Memory) atau SRAM (Static Random Access Memory) yang sudah diset sehingga memungkinkan komputer untuk 'mengingat' sesuatu aplikasi, data, informasi. Bila suatu saat aplikasi, data, informasi akan ditampilkan atau diambil, maka dengan cepat dapat dicari melalui RAM dibandingkan dengan mencari melalui proses di hardisk yang biasanya agak lambat.

CACHING Kadang tertulis "cacheing'. Suatu proses penyimpanan informasi di dalam memori atau di server sebagai antisipasi dari permintaan berikutnya.

CD-R CD Recordable. Compact Disc yang dapat ditulis, tetapi tidak dapat dihapus atau ditulis ulang kembali.

CD-ROM Compact Disc-Read Only Memory. CD yang hanya bisa dibaca dan tidak dapat dimasuki data baru atau dihapus.

CD-RW CD ReWritable. Compact Disc yang dapat ditulis, dan dapat dihapus atau ditulis ulang kembali.

CGI Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI

CGI-BIN Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.

CHAT Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

CLIPART Koleksi gambar digital yang siap disisipkan ke dalam dokumen yang dikerjakan pada komputer.

CONNECTIVITY Kemampuan untuk tukar menukar informasi.

COOKIES File teks dalam hard disk yang ditulis oleh situs yang dikunjungi oleh pengguna. File tersebut berisi catatan aktifitas dan informasi lain tentang komputer pengguna, sesuai dengan kemauan pengelola situs.

DATA WAREHOUSING Pemusatan kumpulan dari data suatu jaringan.

DATABASE Di Indonesiakan sebagai basis data atau pangkalan data. Sekumpulan data yang ditata rapi dan sistematis agar isinya dapat dicari dengan mudah dan cepat pada setiap saat.

DATABASE ADMINISTRATOR Orang yang bertanggungjawab untuk mengorganisasikan, merancang, menerapkan, dan mengoperasikan atau mengaplikasikan basis data.

DATABASE SERVER Komputer yang dikhususkan untuk mendistribusikan informasi dalam basis data ke komputer-komputer pada suatu jaringan LAN (Local Area Network).

DBMS Data Base Management System. Suatu perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengambil, merubah, memanipulasi, mensortir, memformat, dan mencetak informasi yang ada dalam basis data.

DEBUG Perintah MS-DOS (debug.com), digunakan untuk menguji atau memasuki lingkungan memori, menampilkan dan melihat sektor dari data yang terdapat pada disk, dan membuat suatu program assembly language. Debug.com dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada beberapa program.

DECODER Suatu alat yang dapat mengubah bentuk informasi menjadi bentuk lainya, biasanya dari analog ke digital, atau sebaliknya. (lihat decoding)

DECODING Mengubah sinyal digital menjadi bentuk analog, atau bentuk lain dari sinyal digital itu sendiri.
DEFAULT Reaksi berupa setting atau operasi tertentuyang secara otomatis diambil oleh perangkatkeras atau perangkat lunak tertentu, jika pe-makai tidak memberikan perintah yang spesi-fik dan dapat di-identifikasi olehnya.

DESKTOP Bidang pada layar monitor yang berisi icon yang siap untuk diklik untuk membuka suatu program.
DESKTOP Lingkungan kerja komputer. Tata letak monitor, menu bar, dan icon-icon yang terasosiasi dengan lingkungan pengoperasian komputer.

DEVICE DRIVER Berlaku seperti penterjemah antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang akan menggunkan perangkat keras tersebut. Perangkat yang berhubungan dengan komputer, antara lain seperti hard disk, CD ROM. printer, kartu VGA, kartu suara, dikontrol oleh perangkat lunak yang sesuai dengan perangkat-perangkat yang bersangkutan.

DHCP Dynamic Host Configuration Protocol. Protokol TCP/IP yang memungkinkan komputer (workstation) mendapatkan alamat IP. DHCP mengijinkan server secara dinamis memberikan alamat IP kepada workstation.

DIAL UP Penggunaan fungsi dial dari telepon untuk keperluan panggilan telepon atau data.

DIAL UP MODEM Modem yang bekerja pada PSTN dan menghubungkan ke komuputer.

DIAL UP NETWORKING Definisi pada Windows 95 dan 98, merupakan pelayanan yang menyediakan jaringan dengan pengguna jauh, ataupun yang bergerak.

DICTIONARY ATTACK Pendobrakan password dengan memberikan sebanyak-banyaknya kemungkinan password yang sesuai/mendekati.

DIGITAL MODEM Modem yang menghubungkan saluran telepon digital ke peralatan komunikasi. Pengunaan pertama dari digital modem adalah perangkat keras yang mendukung saluran ISDN. Selanjutnya dikenal dengan Adapter Terminal ISDN.

DIGITAL MONITOR Monitor (VGA) yang dapat menerima sinyal biner yang jelas pada dua tingkatan. Satu tingkatan sesuai dengan logika 1 (true), tingkatan lainnya sesuai dengan logika 0 (false).

DNS Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola

DOMAIN NAME Sebuah awalan yang digunakan untuk semua jaringan khusus yang merupakan identifikasi nama jaringan sebagai bagian dari sistem. Sering satu dari host sistem menggunakan hanya awalan domain sebagai keseluruhan nama.

DOWNLOAD Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.

DOWNSTREAM Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

DPI Singkatan dari dots per inch, jumlah titik per inci. Satuan ukuran untuk resolusi gambar dalam bentuk citra raster. Makin tinggi satuan dpi, berarti makin banyak jumlah titik per inci, sehingga makin banyak detil gambar yang tampak.

DRIVER File dalam hard disk yang berfungsi untuk menghubungkan Personal Computer (PC) dengan perangkat keras. Beberapa driver kadang disertakan oleh produsen perangkat keras yang harus di-install terlebih dahulu ke dalam PC.

E "1. Simbol yang ditujukan untuk kekuatan elektromotif atau voltase.
2. Mempunyai arti elektronik atau penggunaan di dalam teknologi informasi dan komunikasi pada e-mail, e-commerce, e-business, e-government dan lain sebagainya.
3. Mempunyai arti sesuatu yang ada atau melibatkan teknologi internet."

EMAIL Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com

ENCRYPTION Metode untuk mengacak data suapaya data bersangkutan tidak dapat dibaca atau dilihat oleh pengguna lain.

FAQ Frequently Asked Question. Kumpulan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna beserta jawabannya.

FAVORITES Alamat dalam browser internet yang memuat alamat situs yang dipilih atau disenangi oleh pengguna, untuk memudahkan kunjungan pengguna berikutnya, sehingga tidak perlu mengetikkan alamat situs lagi.

FIELD Kotak atau sel pada suatu tabel basisdata yang berisi informasi khusus, misalnya "nama pegawai", atau "alamat".

FINGER Protokol yang digunakan untuk mengetahui informasi seorang pengguna pada sebuah komputer.

FIREWALL Komputer yang berfungsi untuk 'menyembunyikan' komputer lainnya dari pengguna internet.

FITUR Aspek dari sebuah produk yang merupakan keunggulan atau nilai lebih.

FLAME Suatu tulisan pada email terhadap seseorang melalui internet yang dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan.

FREEWARE Suatu program yang didistribusikan secara cuma-cuma. Pengguna tidak perlu membayar pembuatnya untuk menggunakan program bersangkutan.

FTP File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP

GATEWAY Protokol yang menghubungkan beberapa tipe jaringan atau aplikasi yang berbeda. Gateway akan mengkonversi pesan dari dua bahasa aplikasi yang berbeda, sehingga dapat dimengerti oleh masing-masing aplikasi.

GIF Graphics Interchange Format. Sebuah format penyimpanan file gambar digital yang tidak banyak memiliki warna, hanya 256 warna, dan sering digunakan untuk halaman web, karena ukuran file-nya lebih kecil dibandingkan dengan format bmp.

GIGABYTE (GB) Satuan ukuran data digital. 1 Gb = 1.024 Megabyte (Mb).

GPRS General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia

GRAPHIC Di-Indonesiakan sebagai grafis. Suatu informasi pada PC yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau teks bergaya gambar, bukan penampilan dalam bentuk teks biasa.

HOMEPAGE Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser

HOST Komputer yang terkoneksi dengan jaringan.

HTML Hyper Text Markup Language. Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (www). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.

ICON Gambar kecil pada layar monitor yang mewakili sebuah program atau menu; jika gambar tersebut diklik, maka si gambar akan menerjemahkannya sebagai perintah untuk melakukan sesuatu.

IMAP Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. Protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP

INTERNET Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet.dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.

INTRANET Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.

IP ADDRESS Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.

ISDN Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN

ISO International Standards Organization. Suatu perkumpulan multinasional yang bertangungjawab pada formulasi, drafting regulasi, dan standarisasi teknologi yang berlaku di dunia internasional.

ISP Internet Service Provider. Penyedia Jasa Internet, yakni suatu lembaga atau perusahaan yang menghubungkan komputer pengguna dengan internet.

JPEG/JPG Joint Photographic Expert Group. Sebuah format penyimpanan gambar digital dengan pe'ngepres'an file sehingga ukuran file-nya bisa mengecil; biasa digunakan oleh halaman web dan kamera digital

LAN Local Area Network. Jaringan komputer yangberukuran relatif kecil; terdapat sebuah kom-puter yang berfungsi sebagai server dan be-berapa komputer berfungsi sebagai work-station

LEASED LINE Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini

LINK Teks atau gambar pada jendela aplikasi yang terhubung dengan file atau program lain.

LOADING Proses transfer data dari satu media penyimpanan/komputer ke media/komputer lain.

LOGIN Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).

MAILING LIST Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya

MIME Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.

MODEM Modulator-demodulator. Alat untuk mengirim dan menerima data digital dari satu komputer ke komputer lain melalui kabel telepon atau kabel khusus.

MSS Maximum Segment Size. Sejumlah bit dalam paket data TCP (Transmission Control Protocol), normalnya sama dengan MTU (Maximum Transfer Unit)-40, biasanya dengan header TCP/IP (Internet Protocol) ekstra 40 bit.

MTA Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).

MTU Maximum Transfer Unit. Sejumlah bit program TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang akan mengirimkan satu paket data.

NETWORK Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar

NIC Network Interface Card (NIC). Alat yang menghubungkan komputer dengan jaringan; nama lain Adapter Card.

NNTP Network News Transfer Protocol. Protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.

NODE Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network

OFFLINE Status yang menyatakan bahwa sebuah komputer tidak/belum terhubung ke komputer lain.

ONLINE Status yang menyatakan bahwa sebuah komputer terhubung ke komputer lain.

PACKET SWITCHING Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router

PASSWORD Kata sandi untuk memasuki sebuah program atau aplikasi

PERL Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh

POP Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. Protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. Protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.

PPP Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem

PSTN Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel

RFC Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822

ROUTER Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan

SDSL Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

SECURE Suatu cara pengamanan data yang telah diacak sedemikian rupa, sehingga sulit untuk dibaca oleh pengguna lain, tetapi masih dapat dibaca oleh pengguna tertentu.

Kumpulan Istilah dan Pengertian Dalam Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer banyak sekali kita menemukan istilah-istilah yang digunakan didalamnya. Hambatan yang sering terjadi dalam belajar jaringan komputer adalah banyaknya istilah atau kata yang digunakan terkadang istilah tersebut tidak didalam buku atau kamus bahasa inggris karena memang istilah yang digunakan bukan merupakan kata-kata namun singkatan seperti TCP/IP atau IP banyak orang yang terframe dipikirannya ketika mendengar kata IP langsung mengartikan bahwa IP adalah nomor komputer atau komputer ini nomornya berapa. Hal-hal yang demikian jika tidak dilurusankan nantinya dikhawatirkan akan merubah makna dari singkatan tersebut.

Kebanyakan singkatan yang digunakan dalam jaringan komputer menjadikan singkatan itu sebagai nama dari kata yang dimaksud seperti RJ 45, mendengar kata tersebut pikiran kita langsung tertuju pada bendanya, langsung membayangkan RJ 45 padahal RJ 45 sendiri adalah sebuah singkatan yaitu Registered Jack nomor 45.

Kumpulan istilah ini sengaja di buat guna memberikan inputan bagi siapa saja yang sedang atau akan belajar jaringan komputer atau sekedar menghangatkan kembali ingatan-ingatan kita pada jaringan komputer.
Dengan senang hati jika ada yang ingin menambahkannya …

10BaseT
Bagian dari standar asli IEEE 802.3, 10BaseT adalah spesifikasi Ethernet 10 Mbps baseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair), kabel kategori 3, 4, 5 menggunakan satu pasang kabel untuk mengirim data datu satu pasang lainnya untuk menerima. 10BaseT mempunyai batas jarak sekita 100 meter per segmen.

100BaseT
Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseT adalah spesifikasi Fast Ethernet untuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP. 100BaseT mengirimkan link pulse (yang berisi lebih banyak informasi dibandingkan dengan yang digunakan 10BaseT) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data.

100BaseTX
Berdasarkan standar IEEE 802.3u, 100BaseTX adalah spesifikasi Fast Ethernet baseband 100Mbps yang menggunakan dua pasang kabel UTP atau STP. Kabel pasang pertama menerima data, pasang kedua mengirimkan data. Untuk memastikan waktu sinyal yang tepat, sebuah segmen 100BaseTX panjangnya tidak bias melebihi 100 meter.

A&B Bit Signaling
Pensinyalan bit A & B. digunalan dalam fasilitas transmisi T1 dan terkadang dinamakan “24th” channel signaling (pensinyalan kanal ke 24). Setiap 24 T1 subchanel pada procedur ini menggunakan satu bit untuk setiap frame keenam untuk mengirimkan informasi sinyal pengawasan (supervisory).

AAA
Authentication, Authorization, Accounting. Sebuah system yang dibuat oleh cisco untuk menyediakan keamanan jaringan.

AAL
ATM Adaption Layer. Sebuah sublayer yang service-dependent (bergantung pada layanan) dari layer data link, yang menerima data dari aplikasi lain dan membawanya ke layer ATM dengan segmen-segmen payload (data yang dikirim) berukuran 48 byte. CS dan SAR adalah dua sublayer yang membentuk AAL-AAL. Saat ini empat tipe AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T adalah AAL1, AAL2, AAL3/4, dan AAL5. semua AAL dibedakan oleh source-destination timming (waktu dari sumber ke tujuan) yang digunakan, apakah CBR atau VBR, serta apakah mereka digunakan untuk transmisi data yang connection-oriented atau connectionless.

AAL1
ATM Adaption Layer 1. satu dari empat AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T AAL1 digunakan untuk layanan yang connection-oriented dan time-sensitive yang memerlukan bit rate yang stabil, seperti lalu lintas isochronous dan video yang tidak di kompresi.

AAL2
ATM Adaption Layer 2. Satu dari empat AAL (sebuah produk dari dua layer yang direkomendasikan oleh ITU-T. AAL2 digunakan untuk layanan connection-oriented yang mendukung bit rate yang bervariasi, seperti lalu lintas suara (voice) yang dikompresi.

AAL3/4
ATM Adaption Layer ¾. Satu dari empat AAL (sebuah produk dari dua layer yang pada awalnya berbeda) yang direkmendasikan oleh ITU-T, mendukung baik link connectionless maupun link connection-oriented. Terutama digunakan untuk mengirimkan paket-paket SMDS melalui network ATM.

AAL5
Adaption Layer 5. Satu dari empat AAL yang direkomendasikan oleh ITU-T, digunakan untuk mendukung layanan VBR connection-oriented terutama untuk mentransfer network IP yang klasik, melalui lalu lintas ATM dan LANE. Rekomendasi AAL yang lebih sederhana ini menggunakan SEAL, menawarkan biaya bandwidth yang lebih rendah dan kebutuhab pemrosesan yang lebih sederhana, tetapi juga menyediakan bandwidth yang dikurangi dan kemampuan error-recovery.

AARP
AppleTalk Address Resolution Protocol. Protokol di dalam stack atau kumpulan protocol AppleTalk yang memetakan alamat data-link alamat network.

AARP Probe Packets
Paket-paket yang dikirim oleh AARP untuk menentukan apakah sebuah node ID (identifikasi dari sebuah titik atau node) yang diberikan sedang digunakan oleh node lain pada sebuah network AppleTalk yang nonextended. Jika node ID tidak sedang digunkan oleh node lain, node pengirim akan memilih node ID tersebut. Jika node ID sedang digunakan oleh node lain, node pengirim akan memilih sebuah ID lain dan kemudian mengirimkan keluar AARP probe packets yang lebih banyak.

ABM
Asynchronous Balanced Mode. Ketika dua station bias mlakukan inisialisasi pengirim, ABM adalah sebuah teknologi komunikasi HDLC yang mendukung komunikasi yang peer-oriented dan point-to-point di antara kedua station tersebut.

ABR
Area Border Router. Sebuah router OSPF yang terletak pada perbatasan dari satu atau lebih area OSPF. ABR digunakan untuk menghubungkan area OSPF dengan area backbone OSPF.

Acces Layer
Salah satu layer dari model hierarkis tiga layer Cisco. Layer menyediakan akses internetworking untuk pengguna.

Access Link
Sebuah link yang digunakan dengan switch yang merupakan bagian dari hanya satu Virtual LAN (VLAN). Trunk link membawa informasi dari beberapa VLAN.

Access List
Sebuah kumpulan dari kondisi-kondisi pengujian yang disimpan oleh router yang emnentukan lalulintas yang menarik ke dan dari router untuk berbagi layanan pada network.

Access Methode
Metode Akses. Cara peralatan network untuk mendapatkan akses ke networknya sendiri.

Accsess Rate
Kecepatan akses. Menentukan kecepatan bandwidth dari rangkaian (circuit). Sebagai contoh kecepatan akses T1 adalah 1.544 Mbs. Pada frame relay dan teknologi lain, terdapat kemungkinan sebuah pecahan dari koneksi T1, contohnya 256 Kbps walaupun demikian kecepatan akses dan clock rate tetap 1.544 Mbps.

Access Server
Server akses. Juga dikenal sebagai network access server merupakan sebuah proses komunikasi yang menghubungkan peralatan asynchronous ke LAN atau WAN melalui network dan software terminal emulation, menyediakan routing synchronous atau asynchronous dari protokol-protokol yang didukung.

Accounting
Satu dari tiga komponen AAA. Accounting menyediakan fungsi audit dan log untuk model keamanan.

Acknowledgment
Verifikasi yang dikirim oleh satu peralatan network ke peralatan lainnya untuk menandakan bahwa sebuah kejadian telah terjadi. Bias disingkat menjadi ACK. Berlawanan dengan NAK.

ACR
Allowed cell rate. Sebuah nama yang didefinisikan oleh forum ATM untuk mengelola lalu lintas ATM. ACR secara dinamik dikendalikan dengan menggunakan pengukuran congestion control dan bervariasi antara minimum cell rate (MCR) dan peak cell rate (PCR).

Active Monitor
Mekanisme yang digunakan untuk mengelola sebuah network token ring. Titik (node) network dengan alamat MAC yang paling tingi pada token ring menjadi active monitor dan bertanggung jawab untuk tugas-tugas manajemen seperti mencegah loop-loop dan memastikan token tidak hilang.

Active State
Status aktif. Berkenaan dengan sebuah table routing EIGRP, sebuah rute berada dalam status aktif ketika router mengalami router convergence (selesai melengkapi table routingnya).

Address Learning
Mempelajari alamat. Digunakan dengan transparent brigde untuk mempelajari alamat-alamat hardware dari semua peralatan di sebuah network. Switch kemudian melakukan penyaringan (filter) terhadap network dengan alamat hardware (MAC) yang telah diketahui.

Address Mapping
Pemetaan alamat. Dengan menerjemahkan alamat network dari satu format ke format lainnya, metodelogi ini memungkinkan protocol-protokol yang berbeda beroprasi dan bisa saling dipertukarkan.

Address Mask
Sebuah descriptor (keterangan) kombinasi bit yang mengidentifikasikan bagaimana dari sebuah alamat yang menunjukkan network atau subnet dan bagian mana yang menunjukkan host. Kadang-kadang hanya disebut mask.

Address Resolution
Penerjemah alamat. Proses yang digunakan untuk menyelesaikan perbedaan di natara skema-skema pengalamatan komputer. Penerjemah alamat biasanya mendefinisikan sebuah metode untuk pelacakan (tracing) alamat layer network (layer 3) ke alamat layer data link (layer 2).

Adjacency
Kedekatan. Hubungan yang dibuat antara router-router tetangga yang ditentukan dan node-node akhir, menggunakan sebuah segmen media yang umum, untuk saling mempertukarkan informasi routing.

Administrative distance (AD)
Sebuah angka di antara 0 dan 255 yang menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap sebuah sumber informasi routing. Semakin rendah angkanya semakin tinggi tingkat kepercayaannya.

Administrative Weight
Sebuah nilai yang dipilih oleh seorang administration network untuk menentukan tingkatan preferensi yang diberikan kepada sebuah jaringan network. Merupakan satu dari empat metric link yang dipertukakrkan oleh PTSP-PTSP untuk menguji ketersediaan resource network ATM.

ADSU
ATM Data Service Unit. Terminal adapter yang digunakan untuk berhubungan dengan sebuah network ATM melalui sebuah mekanisme yang HSSI-compatible.

Advertising
Pengumuman. Proses di mana update-update routing atau layanan ditransmisikan pada interval waktu tertentu, yang memungkinkan router-router lain pada network memelihara sebuah catatan dari rute-rute yang bias digunakan.

AEP
AppleTalk Echo Protocol. Sebuah tes untuk koneksivitas antara dua node atau terminal AppleTalk di mana satu terminal mengirimkan paket ke terminal lain dan menerima sebuag echo atau copy sebagai tanggapan.

AFI
Authory and Format Identifier. Bagian dari sebuah alamat NSAP ATM yang menggambarkan tipe dan format bagian IDI dari sebuah alamat ATM.

AFP
AppleTalk Filling Protocol. Sebuah protocol layer presentation, mendukung file sharing AplleShare dan Mac OS, yang mengizinkan user melakukan sharing file dan aplikasi pada sebuah server.

AIP
ATM Interface Processor. Mendukung AAL ¾ dan AAL5, interfaceini untuk router Cisco seri 7000 meminimalkan performace bottlenecks pada UNI.

Algorithm
Algoritma. Sekumpulan peraturan atau proses yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Pada networking, algoritma biasanya digunakan untuk menemukan rute terbaik untuk lalu lintas dari sumber ke tujuan.

Alignment Error
Sebuah error yang terjadi di dalam network Ethernet, dimaa frame yang diterima mempunyai bit-bit tambahan yaitu sebuah angka yang tidak habis dibagi dengan delapan. Alignment error umumnya disebabkan oleh frame yang rusak akibat collisions.

All-Routes Explorer Packet
Sebuah packet penjelajah (explorer) yang bias bergerak melalui selruh network SRB, melacak semua jalur yang memungkinkan ke sebuah tujuan yang diberikan. Juga dikenal sebgai all-ring explorers packet.

AM
Amplitudo Modulation. Sebuah metode modulasi yang menyatakan informasi dengan memvariasikan amplitude dengan sinyal pembawa.

AMI
Alternate Mark Inverson. Sebuah tipe line-code pada sirkuit T1 dan E1 yang menampilkannol sebagi “01” dalam setiap bit cell dan satu sebagai “11” atau “00”, sevara bergantian, dalam setiap bit cell. Alat pengirim harus memelihara apa yang disebut ones density dalam AMI, tetapi tidak terlepas dari stream data. Juga dikenal sebagai binary-coded, alternate mark inversion. Berlawanan dengan B8ZS.

Amplitude
Sebuah nilai tertinggi dari gelombang analog atau digital

Analog Transmission
Pengirim sinyal dimana informasi ditampilkan dengan berbagai kombinasi amplitude, frekuensi, dan fase dari sinyal.

ANSI
American Nasional Standards Institute. Organisasi yang terdiri dari perusahaan pemerintah, dan anggota-anggota sukarela yang mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan standar, menyetuji standar nasional Amerika Serikat, dan membantu dalam pembuatan standar internasional dan Amerika Serikat untuk bidang seperti komunikasi, networking, dan berbagai bidang teknik. ANSI telah mempublikasikan lebih dari 13.000 standar, untuk produk-produk rekaya dan teknologi, mulai dari the international electrotechnical commission (IEC) dan international organization for standardization (ISO).

Anycast
Sebuah alamat ATM yang dapat dibagi oleh lebih dari satu system client, memungkinkan permintaan layanan di route ke sebuah node yang meyediakan layanan tersebut.

AppleTalk
Pada saat ini terdapat dua versi, emrupakan kumpulan protocol-protokol komunikasi yang dirancang oleh Apple Computer untuk digunakan dilingkungan Macinthos. Protocol-protokol Fase 1 yang lebih awal mendukung satu network fisikal dengan hanya stu nomor network yang berada di satu zone. Protocol Fase 2 yang lebih baru mendukung lebih dari satu network logika pada sebuah network fisikal, memungkinkan network-network berada di lebih dari satu zone.

Application Layer
Layer Application. Layer ke 7 dari model OSI, meyediakan layanan-layanan untuk prosedur-prosedur aplikasi (seperti electronic mail atau transfer file) yang berada di luar model OSI. Layer ini memilih dan menentukan ketersediaan dari partner komunikasi dan juga sumber daya yang diperlukan untuk membentuk sebuah kesepakatan terhadap prosedur-prosedur untuk mengendalikan integritas data dan error recovery.

ARA
AppleTalk Remote Access. Sebuah protocol untuk pengguna Macinthos untuk menetapkan akses mereka ke sumber daya dan data dari sebuah local AppleTalk yang remote.

Area
Sebuah kumpulan lagikal, bukan fiscal, dari segmen-segmen (berdasarkan CLNS, DECnet, atau OSPF) berikut peralatan-peralatan yang terhubung dengan segmen-segmen tersebut. Area biasanya dihubungkan dengan area lain menggunakan router-router untuk menciptakan sebuah autonomus system tunggal.

ARM
Asynchonous Respone Mode. Sebuah mode komunikasi HDLC yang menggunakan satu station utama dan paling sedikit satu station tambahan, dimana transmisi dapat dimulai dari station utama atau salah satu unit sekunder.

ARP
Address Resolution Protocol. Didefinisikan di RFC 826, merupaka protocol yang melacak alamat IP ke alamat MAC.

AS
Autonomous system. Sebuah kumpulan network di bawah administrasi bersama yang berbagi metodelogi routing yang sama. Autonomous system dibagi lagi menjadi area-area dan harus diberikan sebuah nomor 16 bit tunggal oleh IANA.

AS Path Prepending
Penggunaan peta-peta rute dalam BGP untuk memperpanjang jalur autonomous system dengan menambahkan ASN-ASN palsu.

ASBR
Autonomous System Boundary Router. Sebuah router area border yang ditempatkan di antara sebuah autonomous system OSPF dan sebuah network non OSPF yang bekerja dengan OSPF dan protocol routing tambahan, seperti RIP. ASBR harus ditempatkan disebuah area OSPF yang non stub.

ASCII
American Standard Code For International Interchange. Sebuah kode 8 bit untuk mempresentasikan karakter-karakter, terdiri dari 7 bit data ditambah 1 bit binary.

ASICs
Application Specific Integrated Circuits. Digunakan di switch layer 2 untuk membuat keputusan filtering. ASIC melihat kedalam table filter dari alamat-alamat MAC dan menetukan port mana yang dituju oleh alamat hardware tujuan dari sebuah alamat hardware yang diterima. Frame akan diizinkan untuk melalui satu segmen itu saja. Jika alamat hardware tidak diketahui, frame akan di forward ke semua port.

SNA.1
Abstract Syntac Notation One. Sebuah bahasa OSI yang digunakan untuk menggambarkan jenis-jenis data yang tidak bergantung pada struktur computer dan metode penggambarannya. Dideskripsikan oleh standart internasional 8824 ISO.

ASP
AppleTalk Session Protocol. Sebuah protocol yang menggunakan ATP untuk menetapkan, memelihara, dan memutuskan session-session, dan juga permintaan-permintaan yang berurut.

AST
Automatics Spanning Tree. Sebuah fungsi yang menyediakan satu jalur untuk frame explore berjalan dari satu node di network ke node lain, mendukung resolusi otomatis dari spanning tree dalam networks SRB. AST berdasarkan pada standard IEEE 802.1d.

Asynchronous Transmission
Asynchronous Transmission. Sinyal digital yang dikirim tanpa timming yang tepat, biasanya dengan frekuensi-frekuensi dan hubungan fase yang berbeda. Transmissi asynchronous biasanya memasukkan karakter-karakter individual dalam bit-bit pengendali (yang disebut bit start dan stop) yang memperlihatkan permulaan dan akhir dari setipa karakter. Berlawanan dengan isochronous transmission dan synchronous transmission.

ATCP
AppleTalk Control Program. Protokol untuk menetapkan dan mengkonfigurasi AppleTalk di atas PPP, didefinisikan dalam RFC 1378.

ATDM
Asynchronous Time Division Multiplexing. Sebuah teknik untuk mengirimkan informasi, ia berbeda dengan TDM normal dalam hal slot waktu yang dipilih ketika diperlukan, disbanding slot yang sudah ditentukan sebelumnya pada transmitter tertentu. Berlawanan dengan FDM, statistical multiplexing, dan TDM

ATG
Address Translation Gateway. Mekanisme di dalam software routing cisco DECnet yang memungkinkan router untuk melakukan routing ke beberapa tempat sekaligus, dengan tidak bergantung pada network DECnet dan menetapkan sebuah terjemahan alamat yang dipilih oleh user untuk node tertentu diantara network-network.

ATM
Asynchronous Transfer Mode. Standar internasional, didefinisikan oleh sel-sel (cells) 53 byte yang panjangnya sudah ditetapkan, untuk menstransmisikan sel-sel dalam banyak system-sistem layanan, seperti voice, video atau data. Delay dari transit dikurangi karena sel-sel dengan panjang yang sudah ditetapkan tersebut memungkinkan pemrosesan untuk terjadi di hardware. ATM dirancang untuk memaksimalkan keuntungan dari media transmisi kecepatan tinggi, seperti SONET, E3 dan T3.

ATM ARP server
Sebuah alat yang menyediakan subnet-subnet logical yang menjalankan network klasik IP di atas ATM dengan layanan penerjemah alamat.

ATM Endpoint
Koneksi pemulai atau pemutus dalam sebuah network ATM, ATM endpoint termasuk server, workstation, switch ATM ke LAN dan router ATM.

ATM Forum
Organisasi internasional yang didirikan bersama oleh Northern Telecom, Sprint, Cisco System, dan NET/ADAPTIVE pada tahub 1991 untuk mengembangkan dan mempromosikan kesepakatan-kesepakatan implementasi yang berdasarkan standar untuk teknologi ATM. ATM forum memperluas standar resmi yang dikembangkan oleh ANSI dan ITU-T dan menciptakan kesepakatan-kesepakatan implementasi sebelum standar resmi dipublikasikan.

ATM Layer
Sebuah sublayer dari layer data link dalam sebuah network ATM yang bergantung pada layanan. Untuk menciptakan sel-sel ATM 53 byte yang standar, layer ATM menerima segmen-segmen 48 byte dari AAL dan menempelkan sebuah header 5 byte ke setiap segmen. Sel-sel ini kemudian dikirim ke layer physical untuk ditransmisikan melalui media fisikal.

ATMM
ATM management. Sebuah prosedur yang bekerja pada switch-switch ATM, mengelola rate enforcement dan VCI translation.

ATM user-user connection
Sebuah koneksi yang dibuat oleh layer ATM untuk menyediakan komunikasi antara paling sedikit dua pengguna layanan ATM, seperti proses-proses ATMM. Komunikasi ini dapat berupa komunikai searah atau dua arah, masing-masing menggunakan satu atau dua VC.

Attenuation
Dalam komunikasi berate perlemahan atau kehilangan energi sinyal, biasanya disebabkan oleh jarak.

AURP
AppleTAlk Update-based Routing Protokol. Sebuah teknik untuk mengenkapsulasi lalu lintas ApplTalk dalam header dari sebuah protocol asing yang memungkinkan koneksi dari paling sedikit dua internetwork ApplteTalk yang tidak bersambungan melalui sebuah network asing (seperti TCP/IP) untuk menciptakan sebuah WAN AppleTalk yang lengkap.

AURP Tunnel
Sebuah koneksi yang dibuat di sebuah WAN AURP yang bertindak sebagai sebuah link virtual tunggal antara internetwork-internetwork AplleTalk yang terpisah secara fisik oleh sebuah network asing seperti network TCP/IP.

Authentication
Komponen pertama dalam model AAA. User biasanya diotentikasikan melalui sebuah username dan password, yang digunakan secara unik untuk mengidentifikasikan mereka.

Authority Zone
Sebuah bagian dari pohon domain-name yang terkait dengan DNS dimana sebuah name server menjadi otoritasnya.

Authorization
Tindakan memperbolehkan akses ke sebuah sumber daya berdasarkan informsi otentikasi dalam model AAA.

Auoto-detect Mechanism
Digunakan di switch, hub, dan kartu interface Ethernet, untuk menentukan duplex dan kecepatan yang akan didapat.

Auto Duplex
Sebuah setting pada peralatan layer 1 dan layer 2 yang menset duplex dari sebuah port pada switch atau hub secara otomatis.

Automatics Call Reconnect
Sebuah fungsi yang memungkinkan proses roting kembali (rerouting) dengan panggil otomatis untuk berpindahdari sebuah sambungan trunk yang gagal.

Autonomous confederation
Sebuah koleksi dari system-sistem yang diadministrasikan sendiri (self-governed) yang lebih bergantung pada akses dan infromasi routing di network mereka sendiri daripada informasi yang diterima dari system-sistem atau group lain.

Autonomous swithing
Kemampuan router-router cisco untuk memproses paket-paket secara lebih cepat dengan menggunakan ciscoBus untuk melakukan switch paket secara terpisah dari prosesor system.

Autoreconfiguration
Sebuah prosedur yang dieksekusi oleh node-node di dalam domain yang gagal dari sebuah token ring, dimana node-node tersebut secara otomatis melakukan diagnosis, mencoba mengkonfigurasi kembali network di sekeliling area yang gagal.

Auxiliary port
Konsol port di belakang router-router cisco yang memungkinkan untuk menghubungkan sebuah modem dan melakukan panggilan ke router dan melakukan setting konfigurasi konsol.

B8ZS
Binary 8 Zero Subtitution
Sebuah tipe line-code, yang diinterpretasikan pada remote dari koneksi, yang menggunakan sebuah subtitusi kode khusus ketika 8 nol secara berurutan ditransmisikan melalui link pada rangkaian T1 da E1. teknik ini menjamin ones density terlepas dari stream data. Juga dikenal sebagai subtitusi 8 nol bipolar. Berlawanan dengan AMI.

Backbone
Bagian dasar dari network yang menyediakan jalur utama untuk lalu lintas yang dikirimkan ked an dimulai dari network lain.

Back End
Sebuah node atau program software yang menyediakan layanan ke sebuah server front end.

Bandwidth
Selisih antara frekuensi tertinggi dan terendah yang digunakan oleh sinyal network. Lebih umum, ia mengacu pada kapasitas throughput yang diukur dari sebuah protocol atau media network.

Bandwidth on Demand (BoD)
Fungsi ini memungkinkan sebuah kanal B tambahan digunakan untuk menambah bandwidth yang tersedia untuk sebuah koneksi tertentu.

Baseband
Sebuah fitur dari teknologi network yang menggunakan hanya satu pembawa (carrier) frekuensi. Contohnya adalah Ethernet. Juga disebut “narrowband (pita sempit).

Baseline
Informasi baseline termasuk data historis tentang network dan informasi utilitisasi atau penggunaan network yang rutin. Informasi ini dapat digunakan untuk menentukan apakah ada perubahan terbaru pada network yang mungkin menyebabkan sebuah masalah yang sedang dihadapi.

Basic Management Setup
Digunakan dengan router cisco ketika dalam mode setup. Hanya menyediakan manajemen dan konfigurasi yang cukup untuk membuat router bakerja agar seseorang dapat melakukan telnet ke router tersebut dan mengkonfigurasinya.

Baud
Sinonim dari bit per second (bps), jika setiap elemen sinyal menyatakan 1 bit. Baud adalah sebuah satuan dari kecepatan pensinyalan yang ekivalen dengan jumlah elemen sinyal yang terpisah yang ditransmisikan perdetik.

B Channel
Kanal bearer (pembawa), sebuah kanal full duplex dan 64 Kbps di ISDN yang mentransmisikan data user. Bandingkan dengan D Channel, E Channel, dan H Channel.

BDR
Backup designation router, digunakan di sebuah network OSPF untuk melakukan backup untuk router yang dipilih jika terjadi kegagalan.

Beacon
Sebuah frame FDDI atau token atau token ring yang menunjukkan sebuah masalah yang serius dengan ring, missalnya kabel yang putus. Frame beacon membawa alamat dari station yang dianggap down.

BECN
Backward explicit congestion notification. Adalah bit yang di set oleh network frame relay yang bergerak menjauh dari frame yang menuju ke sebuah jalur yang congested (jenuh). Sebuah DTW yang menerima frame dengan BECN dapat menanyakan protocol di level yang lebih untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengendalikan aliran data.

BGP4
BGP version 4. versi 4 dari protocol routing interdomain yang paling sering digunakan di internet. BGP4 mendukung CIDR dan menggunakan mekanisme penghitungan rute untuk mengurangi ukuran table routing.

BGP indentifier
Field ini mendukung sebuah nilai yang mengidentifikasi pembicara BGP. Ini adalah sebuah nilai acak yang dipilih oleh router BGP ketika mengirimkan sebuah pesan OPEN.

BGP Neighbors
Dua router menjalankan BGP yang memulai sebuah proses komunikasi TCP pada layer 4 dari model referensi OSI. Secra khusus, yang digunakan adalah port TCP 179.

BGP Speaker
Sebuah router yang mengumumkan prefix-prefix atau rute-rutenya.

Bidirectional Shared Tree
Sebuah metode forwarding multicast dengan pohon (tree) yang dibagi. Metode ini memungkinkan anggota-anggota group menerima data dari sumber atau RP, bergantung pada yang mana yang lebih dekat.

Binary
Sebuah metode penomoran dengan dua karakter yang menggunakan satu dan nol. System penomoran binary mendasari semua pernyataan digital dari informasi.

Binding
Mengkonfigurasi sebuah protocol layer network untuk menggunakan sebuah jenis frame tertentu pada sebuah LAN.

BIP
Bit Interleaved parity. Sebuah metode yang digunakan di ATM untuk memonitor error-error pada sebuah link, mengirim sebuah check bit atau check word pada overhead dari link untuk blok atau frame sebelumnya. Ini memungkinkan error pada bit yang sedang ditransmisikan dapat ditemukan dan dikirimkan sebagai informsi untuk pemeliharaan network.

Beberapa Contoh Konfigurasi Router ADSL melalui Web

From RIZKALINDO.com

Jump to: navigation, search

Disini akan di perlihatan cuplikan konfigurasi beberapa Modem / Router ADSL melalui Web. Modem / Router ADSL yang digunakan sebagai contoh, antara lain adalah,

  • Tecom AR1031
  • NetLink ADSL Router
  • SMC ADSL2 Barricade


Contents

[hide]

[edit] Konfigurasi Router ADSL NetLink melalui Web

Menu konfigurasi NetLink ADSL Router dapat di akses melalui Web http://10.0.0.2 --> Configuration --> Wan --> Pvc0 (profile sambungan yang akan kita konfigurasi) --> Submit.

Kita akan masuk ke menu konfigurasi sambungan untuk Pvc0, yang perlu di perhatikan hanya beberapa parameter utama saja, yaitu, Encapsulation = PPPoA LLC, VPI = 8, VCI = 35, Username & Password, dan yang agak berbeda adalah DHCP Client --> Enable agar dapat memperoleh IP address dari penyedia jasa ADSL.


[edit] Konfigurasi Router ADSL Tecom AR1031 melalui Web

Pada modem / router TECOM AR1031 agak berbeda caranya, menu konfigurasi TECOM AR1031 dapat di akses melalui http://192.168.1.1 masuk ke Advanced Setup --> WAN --> Add dan kita akan masuk ke menu untuk mengkonfigurasi sambungan ADSL.

Pertama yang perlu di konfigurasi adalah VPI dan VCI, masukan nilai agar VPI = 8 dan VCI = 35.

Selesai, tekan tombol “Next” untuk melanjutkan proses konfigurasi.

Selanjutnya kita mengkonfigurasi tipe sambungan. Pilih PPP over ATM (PPPoA).

Sedang mode enkapsulasi yang digunakan pilih LLC/ENCAPSULATION.

Selesai sudah proses konfigurasi tipe sambungan, tekan tombol “Next” untuk melanjutkan proses konfigurasi selanjutnya.

Selanjutnya, kita masukan username dan password untuk authentikasi pada saat akses ke Internet melalui penyedia jasa ADSL.

Selesai sudah konfigurasi sambungan ke Internet melalui modem / router TECOM AR1031.



[edit] Konfigurasi Royter ADSL SMC ADSL2 Barricade melalui Web

Pada router ADSL SMC ADSL2 Barricade proses konfigurasi dapat dilakukan dengan mengakses Web http://192.168.2.1. Pastikan bahwa IP address computer yang kita gunakan termasuk dalam keluarga IP address 192.168.2.x. Default username & password administrator yang digunakan adalah admin & admin.

Pada bagian awal akan tampak dua (2) pilihan utama, yaitu, Setup Wizard dan Advanced Setup. Untuk setting pertama kali yang perlu kita gunakan adalah Setup Wizard.

Parameter yang pertama kali dapat kita konfigurasi adalah Time Zone dan Server untuk sinkronisasi waktu. Waktu Jakarta adalah GMT+7, sedang waktu Papua adalah GMT+9.

Untuk sinkronsisasi waktu router ADSL, kita memperoleh pilihan server waktu beberapa di Amerika Serikat, Australia, Asia dll.

Parameter selanjutnya yang dapat di konfigurasi adalah parameter untuk sambungan ADSL. Indonesia memang tidak termasuk dalam country yang di ketahui oleh Router SMC, oleh karena itu pilih “Other” pada pilihan Negara.

Selanjutnya kita perlu menset agar parameter berikut adalah,

Protocol PPPoA
VPI/VCI 8/35
Encapsulation LLC
Username username dari ISP
Password password dari ISP

Tekan tombol “Next” untuk menyelesaikan proses konfigurasi router SMC dan tekan “Finish” jika anda yakin bahwa konfigurasi tersebut telah benar.


Untuk mengubah konfigurasi sambungan ADSL pada router SMC dapat dilakukan melalui menu Advanced Setting --> WAN --> ATM PVC.

Pada ATM PVC ini kita dapat mengkonfigurasi tipe sambungan router ADSL SMC, apakah selalu tersambung (always connected) atau tersambung secara manual, atau di trigger oleh traffic dsb.

Pada menu status kita dapat melihat status sambungan dari router ADSL SMC. Jika tidak tersambung kita dapat meng-klik tombol “Connect” untuk menyambungkan router ADSL SMC ke Internet, dengan asumsi router dapat mendeteksi sinyal data ADSL di kabel telepon.

Selesai sudah proses konfigurasi router ADSL SMC Barricade.


[edit] Konfigurasi LAN Pada Router ADSL

Pada bagian LAN sebetulnya tidak ada yang perlu di konfigurasi untuk operasional biasa. Kita dapat menggunakan konfigurasi default yang ada. Tapi bagi mereka yang ingin mengubah konfigurasi yang ada, minimal yang perlu di perhatikan hanya tiga (3) hal saja, yaitu,

IP address modem / router ADSL. DCHP server harus di aktifkan, kecuali kita mempunyai DHCP server lain di LAN. Network Address Translation (NAT) di aktifkan, agar semua client di LAN dapat mengakses ke Internet bersama-sama.

Contoh konfigurasi ini di beberapa modem / router ADSL akan di tampilkan berikut ini.

Pada router / modem TECOM AR1031 konfigurasi IP address dan DHCP server dapat dilakukan melalui menu Advanced Setup --> LAN.

Kita dapat menset IP address, Subnet Mask dan Enable DHCP Server agar semua client di LAN dapat memperoleh IP address secara automatis.

Secara automatis, Network Address Translation (NAT) akan aktif dan dapat membantu client di LAN untuk mengakses ke Internet.

Pada modem / router D-Link DSL504T, IP address dan Subnet Mask dapat di konfigurasi melalui menu Home --> LAN. Nilai IP address default 192.168.1.1 dapat digunakan tanpa perlu diubah.

Tekan tombol “Apply” untuk mengaktifkan IP address yan kita inginkan.


Pada D-Link DSL504T, DHCP server dapat di aktifkan melalui menu Home --> DHCP --> DHCP Server.

Nilai default alokasi IP address yang digunakan adalah 192.168.1.2 hingga 192.168.1.254, jadi tidak ada alokasi sama sekali untuk IP address statik. Sangat di sarankan untuk mengubah range alokasi IP address tersebut, agar kita dapat mempunyai beberapa IP address statik yang nantinya dapat digunakan sebagai server di LAN.

Pada D-Link DSL504T, servis Network Address Translation (NAT) akan secara automatis aktif dan dapat digunakan untuk menyambungkan client komputer di LAN ke Internet.

Pada NetLink ADSL Router, konfigurasi IP address dan DHCP server dapat dilakukan melalui menu Configuration --> LAN. Nilai default yang digunakan IP address 10.0.0.2 dan subnet mask 255.0.0.0 dapat digunakan. DHCP server sudah aktif dengan alokasi IP address 10.0.0.4 hingga 10.0.0.15 untuk sebelas (11) client.





Pada NetLink ADSL Router, Network Address Translation (NAT) telah aktif. Bagi anda yang ingin mengubah konfigurasinya dapat dilakukan melalui Menu Configuration --> NAT. Anda dapat meng-enable atau disable NAT. Juga memilih mode operasi NAT apakah dynamic NAPT atau statik bagi mereka yang memperoleh IP address statik dari penyedia jasa ADSL.

Windows Explorer Shortcuts

ALT+SPACEBAR - Menampilkan menu system jendela aktif
SHIFT+F10 - Menampilkan context menu sebuah item
CTRL+ESC - Menampilkan menu Start
ALT+TAB - Loncat ke jendela yang sebelumnya aktif
ALT+F4 - Menutup jendela aktif atau keluar
CTRL+A - Memilih seluruh item
CTRL+X - Memotong (Cut) item terpilih
CTRL+C - Menyalin (Copy) item terpilih
CTRL+V - Menempelkan (Paste) item yang sudah disalin
CTRL+Z - Undo (membatalkan) aksi terakhir
CTRL+(+) - Secara otomatis me-resize jendela sebelah kanan
TAB - Maju melalui opsi-opsi
ALT+RIGHT ARROW - Maju ke tampilan sebelumnya
ALT+LEFT ARROW - Mundur ke tampilan sebelumnya view
SHIFT+DELETE - Menghapus item secara langsung tanpa ke Recycle Bin 9Tong sampah)
BACKSPACE - Menampilkan level folder diatasnya
ALT+ENTER - Menampilkan property item
F10 - Mengaktifkan bar menu
F6 - Loncat antar jendela kiri dan kanan
F5 - Menyegarkan isi jendela
F3 - Menampilkan aplikasi pencari
F2 - Rename (menamai) item terpilih
Komentar (0)
Internet Explorer Shortcuts
Diarsipkan di bawah: Komputer — bajirul @ 3:11 pm

CTRL+A - Memilih seluruh item pada halaman aktif
CTRL+D - Menambahkan halaman aktif pada menu Favorites (Merekam alamat web)
CTRL+E - Membuka bar pencarian
CTRL+F - Pencarian pada halaman ini
CTRL+H - Membuka bar History
CTRL+I - Membuka bar Favorites
CTRL+N - Membuka window / jendela baru
CTRL+O - Menuju ke lokasi (situs) baru
CTRL+P - Cetak halaman aktif atau fram aktif
CTRL+S - Simpan halaman aktif
CTRL+W - Menutup jendela browser aktif
CTRL+ENTER - Menambahkan / menuju ke http://www. (url) .com. (tergantung setting Homepage pada Internet Option-nya
SHIFT+CLICK - Membuka link pada jendela baru
BACKSPACE - Menuju ke halaman sebelumnya
ALT+HOME - Menuju ke Home page Anda
HOME - Menuju ke awal dokumen Anda
TAB - Bergerak maju melalui item-item pada halaman
END - Menuju ke akhir dokumen Anda
ESC - Menghentikan download halaman
F11 - Menampilkan halaman full-screen
F5 - Menyegarkan halaman yang aktif
F4 - Menampilkan listing alamat yang sudah diketik
F6 - Menukar fokus antara Address bar dan halaman
ALT+RIGHT ARROW - Menuju ke halaman selanjutnya
SHIFT+CTRL+TAB - Bergerak mundur antar frame
SHIFT+F10 - Menampilkan menu shortcut untuk sebuah link
SHIFT+TAB - Bergerak mundur melalui item-item pada halaman
CTRL+TAB - Bergeak maju antar frame
CTRL+C - Menyalin item terpilih ke dalam clipboard (tempat penyimpanan sementara sebelum ditempel (di-paste)
CTRL+V - Menempelkan isi dari clipboard
ENTER - Mengaktifkan link terpilih

F1 - Menampilkan pertolongan Internet Explorer

1. Setelah memasukkan Flashdisk (FD) ke port-nya, kita buka pake explorer. Di sini harus menerapkan fungsi kehati-hatian yang sangat, karena kita menganggap semua FD menjadi tersangka pembawa virus kecuali yang telah discan dikomputer kita, jadi jangan sembarangan melakukan klik dan atau double klik.
2. Kita menuju panel sebelah kiri explorer (panel folders), kita klik direktori FD / drive FD. kenapa panel kiri? karena seringnya virus menyamar menjadi folder, dan itu akan tampak pada panel sebelah kanan aja. kenapa? karena sebenarnya itu bukan folder melainkan sebuah file. kembali ke panel kiri. Drive FD bisa E: atau F: dsb tergantung setting di komputer kita. (lagi…)

Komentar (0)
Rabu, 26 - September - 2007
File setupdd.sys could not be loaded - The error code is 4
Diarsipkan di bawah: Komputer — bajirul @ 1:57 pm

File setupdd.sys could not be loaded.
The error code is 4
Setup cannot continue. Press any key to exit

Begitu pesan yang muncul dikompi yang saya install. Saya udah coba ganti CD Installer-nya tetapi tetep aja ga bisa juga. Ga puas, saya ganti CD-ROM Drivenya pake merek yang lain. Tetep juga muncul pesan itu. terakhir aku seting ulang posisi jumper harddisknya, dari master jadi single. tetep juga ga ngebantu.

Ya udah, giliran sekarang pake cara irrasional, gunakan insting aja. mulai deh saya bongkar pasang komponen hardware kompiku. VGA card, LAN card dan terakhir memory.

Yang terakhir ini, saya kira iseng aja. soalnya ketika booting ga ada sedikitpun pesan error (lewat bunyi biasanya) yang muncul. Saya copot satu memory (ada 2 slot memory yang dipasang), … beep beep beep… muncullah penyakitnya. Kayak tikus aja kelakuannya, tikus kalo sembunyi dari kejaran ga akan pernah lari dari tempat persembunyiannya kalo belum terlihat atau tersentuh ama sipencari, walaupun tempat sembunyinya udah di pukul2.

Memoryku juga, kalo belum dicabut ga akan ngaku kalo udah rusak, bilangnya sih ga pa-pa, tapi giliran dicabut satu, yang tertinggal baru ngaku kalo udah rusak. Ya udah tanpa tunggu lama segera saya ganti itu memory dengan memory yang aku cabut. Akhirnya instalasi windowspun lancar…. :)
Komentar (7)
Sabtu, 15 - September - 2007
NTLDR is Missing
Diarsipkan di bawah: Komputer, Windows — bajirul @ 12:20 pm

Kadang kita tidak bisa masuk ke dalam windows ketika selesai proses booting BIOS. Pesan error yang muncul sebagai berikut:

NTLDR is Missing
Press any key to restart

Boot: Couldn’t find NTLDR
Please insert another disk

NTLDR is missing
Press Ctrl Alt Del to Restart

Penyebabnya:

1. Komputer melakukan booting dari source non-bootable.
2. Harddisk komputer nggak diset secara benar di BIOS.
3. File NTLDR dan / atau NTDETECT.COM rusak.
4. Kesalahan konfigurasi file boot.ini.
5. Melakukan upgrade dari Win95, 98, atu ME yang masih menggunakan FAT32.
6. Harddisk baru ditambahkan.
7. Boot sector / Master Boot Record (MBR) rusak.
8. Kerusakan serius versi Win2000 atau WinXP.
9. Lepas / rusaknya kabel IDE/EIDE harddisk.

Solusi:
1. Komputer melakukan booting dari source non-bootable.
Kebanyakan error ini disebabkan ketika komputer mencoba melakukan boot dari floppy disk atau CD-ROM non-bootable. Pertama Pastikan ga ada disket-floppy di komputer, kecuali memang sedang melakukan boot dari disket.
(lagi…)
Komentar (9)
Rabu, 21 - Februari - 2007
Tips Membuka Folder Kerja dari Shortcut Windows Explorer
Diarsipkan di bawah: Komputer — bajirul @ 4:40 pm

Bikin shortcut ExplorerMenamai Shortcut

Ketika kita membuka explorer kadang folder kerja yang ditampilkan bukan folder yang sedang kita pakai atau sering kita gunakan. Misalnya folder kerja kita ada di D:\Data, akan tetapi ketika kita membuka explorer yang terbuka malah My Documents, sehingga kita harus klik beberapa kali untuk sampai pada folder kerja kita.
Untuk itu ada cara cepat untuk merubah setting agar setiap kali kita buka shortcut Explorer supaya langsung ke folder kerja kita:

1. Bikin shortcut pada desktop, caranya: Klik kanan pada desktop –> Pilih New –> Pilih Shortcut –> Muncul jendela Create Shortcut –> Ketik “Explorer” (tanpa tanda petik) pada “Type the location of the item:” –> Klik tombol Next –> Ketik Nama Shortcut yang dibuat, misalnya: “Folderku” pada “Type a name for this shortcut:” –> Klik tombol Finish –> Muncul shortcut Explorer dengan nama “Folderku”.
2. Klik kanan pada shortcut Folderku –> Pilih Properties –> Pilih Tab Shortcut –> Tambahkan script ini: “/root,/n,/e,D:\Data” dibelakang script “%windir%\explorer.exe” pada Target: (misalnya: %windir%\explorer.exe /root,/n,/e,D:\Data. “D:\Data” bisa dirubah sesuai dengan letak path folder yang akan dipakai) –> Klik OK.
3. Sekarang coba buka shortcut Folderku. Yah Explorer langsung terbuka dan langsung menuju Folder D:\Data (atau apapun alamat / path folder yang diberikan).
4. Urutan /root , /n dan /e ini bisa dirubah-rubah, tapi menurut percobaan yang telah dilakukan, yang tercepat dalam membuka explorer adalah urutannya: /root,/n,/e seperti pada contoh di atas. Selain itu masing-masing parameter itu punya kegunaan tersendiri, untuk mengetahuinya silahkan saja pakai satu-satu, misalnya: %windir%\explorer.exe /root,D:\Data dst.



Mempercepat Running Windows XP


Ketika pen-defrag-an nggak terlalu berpengaruh terhadap performa Windows XP, berikut ada 23 saran untuk ningkatin performa dan kehandalan PC:

1. Untuk menurunkan waktu booting dan meningkatkan performa, nggak usah menggunakan software defragment pihak ketiga, gunakan saja built-in Windows Defragmenter, gak akan jauh beda. Dan juga gunakan Harddisk tipe Ultra-133 atau Serial ATA (SATA) dengan buffer 8-MB.
2. Jika RAM PC kurang dari 512 MB, maka tambahin memorinya. Hal ini relatif nggak mahal dan akan ningkatin performa sistem secara dramatis.
3. Pastikan file system yang digunakan Windows XP adalah NTFS. Cara ceknya: Buka My Computer –> Klik kanan drive C: –> klik Properties. Misalnya file systemnya FAT32, maka untuk mengubahnya sebagai berikut: Backup data-data penting. Kemudian Klik Start –> klik Run –> ketik: “CMD” –> klik tombol OK –> Keluar jendela Command Prompt –> Ketik: “CONVERT C: /FS:NTFS” dan tekan Enter. Catatan: Komputer jangan disela ketika melakukan konversi ini, dan juga dalam keadaan bebas dari virus. File system yang digunakan oleh drive bootable (biasanya C:) bisa FAT32 atau NTFS. Saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan NTFS demi keamanan superior, ketahanan dan efisiensi space yang lebih besar. (lagi…)


Tips Menghindari Virus


1. Namai folder pake tulisan arab. Trik ini berguna untuk menghindari folder-folder disembunyikan dan diduplikat oleh virus. Gunakan shortcut Alt kiri + Shift kiri untuk berpindah antar language (tentu saja hal ini bisa dilakukan jika languanges-nya udah pada diinstal di Regional and Languange Options di Control Panel.
2. Rename Msvbvm50.dll dan Msvbvm60.dll, keduanya merupakan mesin dari Visual Basic, yang biasanya digunakan untuk membikin program virus local, jika mesinnya dimatiin, ya otomatis virusnya mogok alias gak bisa mengeksekusi program secara otomatis, ketika startup, ketika ada event programnya “tersentuh” dsb. Keduanya ditaruh di “C:\Windows\System32\” (lagi…)

Kode Rahasia Ponsel/HP

Image Hosted by ImageShack.us
(Gambarnya diklik kanan trus view image aja biar lebih jelas).

PCF 8574 8-Bit I/O Expander

Fungsi utama dari PCF8574 ialah mengekspansi port I/O pada berbagai macam jenis mikrokontroler melalui 2 jalur bidirectional I2C Bus. Pada PCF8574 terdapat 8-Bit quasi –bidirectional Port dan I2C Bus Interface. PCF8574 mengkonsumsi daya yang rendah dan mempunyai latched output dengan kemampuan menggerakkanarus yang besar yang dapat digunakan langsung untuk menggerakkan LED. PCF8574 juga memiliki jalur Interupsi ('INT) yang dapat dihubungkan dengan interrupt logic dari mikrokontroler. Dengan mengirimkan sinyal interupsi, PCF8574 dapat menginformasikan mikrokontroler bahwa ada data yang datang tanpa menggunakan jalur I2C Bus.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. Konfigurasi Pin PCF8574

  • Pengalamatan PCF8574

Setelah Master mengirimkan sinyal Start sebagai tanda awal transmisi, Master kemudian mengirimkan alamat Slave ke piranti Slave yang ingin dituju, dalam hal ini IC I2C PCF8574. Empat bit pertama adalah nomor group, untuk PCF8574 adalah 0100 dan untuk PCF8574A adalah 0111. Pengalamatan ini telah ditetapkan oleh perusahaan Philips sebagai pencipta I2C. Tiga bit selanjutnya (A0, A1, A2) adalah nomor chip yang digunakan untuk menentukan IC mana yang akan diakses oleh Master. Bit terakhir digunakan untuk menentukan operasi baca atau operasi tulis yang akan dibentuk. Bit ini diisi 1 untuk membentuk operasi baca atau diisi 0 untuk membentuk operasi tulis. Setelah Master mengirimkan sinyal start dan alamat Slave ke IC PCF8574, Slave merespon dengan mengirimkan sinyal acknowledge ke Master.

Image Hosted by ImageShack.us

Gambar 2. Pengalamatan PCF8574.

  • Mode Tulis(Output) pada PCF8574.
Setelah Master mengirimkan sinyal Start dan alamat Slave (dengan bit R/W diisi 0) kepada IC PCF8574, IC PCF8574 mengirimkan signal acknowledge selanjutnya master mengirmkan Byte Data pertama. Apabila byte data pertama sudah dikeluarkan pada port output PCF8574, IC PCF8574 mengirimkan signal acknowledge lagi, kemudian master akan mengirimkan byte data ke-2 untuk dikeluarkan ke port out put PCF8574. Setelah semua data sudah dikeluarkan, barulah Master mengirim signal Stop untuk mengakhiri transfer data.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 3. Mode Tulis (Output) PCF8574.

  • Mode Baca(input).

Proses membaca data dari port I/O PCF8574 sama dengan proses pada mode tulis, hanya bedanya pada bit R/W diisi 1.

Image Hosted by ImageShack.us

Gambar 4. Mode Baca (input) PCF8574.

sumber: PCF8574 datasheet


Serial Port pada PC

Pada IBM PC Compatibel tata cara komunikasi serial yang digunakan ialah jenis asinkron. Komunikasi data serial ini dekerjakan oleh UART (Universal Asynchronous Receiver / Tranceiver).
Pada UART, kecepatan pengiriman data (baud rate) dan fase clock pada sisi transmitter dan pada sisi receiver harus sinkron. Untuk itu diperlukan diperlukan sinkronisasi antara transmitter dan receiver. Hal ini dilakukan oleh bit ‘Start’ dan bit ‘Stop’.
Kecepatan transmisi (baudrate) dapat dipilih bebas dalam rentang tertentu. Baudrate yang umum dipakai adalah 600, 1200, 2400, dan 9600 bps (bit per sekon).

Karekteristik Sinyal Serial Port

Standar sinyal komunikasi serial yang banyak digunakan ialah standar RS232. Standar ini hanya menyangkut komunikasi data antara komputer (Data Terminal Equipment – DTE) dengan alat – alat pelengkap komputer (Data Circuit-Terminating Equipment – DCE). Standarad RS232 inilah yang biasa digunakan pada serial port IBM PC Compatibel.
Standar sinyal serial RS232 memiliki ketentuan level tegangan sebagai berikut:
  • Logika ‘1’ disebut ‘mark’ terletak antara -3 volt hingga -25 volt.
  • Logika ‘0’ disebut ‘space’ terletak antara +3 volt hingga +25 volt.
  • Daerah tegangan antara -3 volt hingga +3 volt adalah invalid level, yaitu daerah tegangan yang tidak memiliki level logika pasti sehingga harus dihindari. Demikian juga level tegangan lebih negatif dari -25 volt atau lebih positif dari +25 volt juga harus dihindari karena dapat merusak line driver pada saluran RS232.

Konfigurasi Serial Port.

Gambar 1 adalah gambar konektor port serial DB 9. Pada komputer IBM PC Compatibel biasanya kita dapat menemukan dua konektor DB 9 yang bisanya dinamakan COM1 dan COM2.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. Konfigurasi Serial port DB9

Tabel 5. Konfigurasi pin dan nama sinyal konektor serial DB 9
Image Hosted by ImageShack.us

Keterangan mengenai fungsi saluran RS232 pada konektor DB9 adalah sebagai berikut:
  • Receive Line signal detect, dengan saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa pada terminal masukkan ada data masuk.
  • Receive Data, digunakan DTE menerima data dari DCE.
  • Transmit Data, digunakan DTE mengirimkan data ke DCE.
  • Data Terminal Ready, pada saluran ini DTE memberitahukan kesiapan terminalnya.
  • Signal Ground, saluran ground.
  • Ring Indicator, pada saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa sebuah stasiun menghendaki berhubungan dengannya.
  • Clear To Send, dengan saluran ini DCE memberitahukan bahwa DTE boleh mulai mengirim data.
  • Request To Send, dengan saluran ini DCE diminta mengirim data oleh DTE.
  • DCE Ready, sinyal aktif pada saluran ini menunjukkan bahwa DCE sudah siap.

Converter Logika RS232.

Jika peralatan yang digunakan menggunakan logika TTL, maka sinyal port serial harus dikonversikan terlebih dahulu ke pulsa TTL sebelum digunakan begitu juga sebaliknya. Converter yang paling mudah digunakan ialah MAX232. Di dalam IC ini terdapat charge pump yang akan membangkitkan tegangan +10 Volt dan -10 Volt dari sumber +5 Volt tunggal. Dalam IC DIP (Dual Inline Package) 16 pin ini terdapat 2 buah transmitter dan 2 buah receiver.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 2. Rangkaian MAX232.

Sekian, Semoga bermanfaat.

sumber:

  1. Widodo Budiharto, 2005
  2. Retna Prasetia dan Catur Edi Widodo, 2004

I2C (Inter Integrated Circuit).

Inter Integrated Circuit atau sering disebut I2C adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk pengontrolan IC. Sistem I2C terdiri dari saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara I2C dengan pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem I2C Bus dapat dioperasikan sebagai Master dan Slave. Master adalah piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan membentuk sinyal Start, mengakhiri transfer data dengan membentuk sinyal Stop, dan membangkitkan sinyal clock. Slave adalah piranti yang dialamati master.
Sinyal Start merupakan sinyal untuk memulai semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “1” menjadi “0” pada saat SCL “1”. Sinyal Stop merupakan sinyal untuk mengakhiri semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “0” menjadi “1” pada saat SCL “1”. Kondisi sinyal Start dan sinyal Stop seperti tampak pada Gambar 1.Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. Kondisi sinyal Start dan Stop.

Sinyal dasar yang lain dalam I2C Bus adalah sinyal acknowledge yang disimbolkan dengan ACK. Setelah transfer data oleh master berhasil diterima slave, slave akan menjawabnya dengan mengirim sinyal acknowledge, yaitu dengan membuat SDA menjadi “0” selama siklus clock ke 9. Ini menunjukkan bahwa Slave telah menerima 8 bit data dari Master. Kondisi sinyal acknowledge seperti tampak pada Gambar 2.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 2 . Kondisi sinyal ACK dan NACK.

Dalam melakukan transfer data pada I2C Bus, kita harus mengikuti tata cara yang telah ditetapkan yaitu:
  • Transfer data hanya dapat dilakukan ketikan Bus tidak dalam keadaan sibuk.
  • Selama proses transfer data, keadaan data pada SDA harus stabil selama SCL dalam keadan tinggi. Keadaan perubahan “1” atau “0” pada SDA hanya dapat dilakukan selama SCL dalam keadaan rendah. Jika terjadi perubahan keadaan SDA pada saat SCL dalam keadaan tinggi, maka perubahan itu dianggap sebagai sinyal Start atau sinyal Stop.

Image Hosted by ImageShack.us

Gambar 3. Kondisi data pada I2C Bus.

Sekian, semoga bermanfaat.