I-Ram Solusi Storage Kecepatan Tinggi

Gigabyte i-RAM

GC-RAMDISK v.1.2

Max Storage memory 4GB permodule or > 8GB with RAID

Perkembangan teknologi storage pada ditahun 2005 mulai berorientasi dengan pemakaian keping memory chip. Seperti flash memory dan Solid state harddisk, dengan pemakaian memory chip NAND flash.

Berbeda dengan teknologi yang ada pada Gigabyte i-RAM, walaupun mengunakan chip memory. Tetapi kecepatan tranfer mengandalkan kecepatan tranfer secara penuh pada chip memory DDR.

Gigabyte i-RAM lebih mudah digunakan, dengan pemakaian memory modul yang dapat diupgrade sampai 4GB percard bahkan dapat digunakan pada sistem storage RAID. Pemasangan seperti harddisk kecuali bagian power yang tidak diperlukan pada card. Dibawah ini adalah spesifikasi Gigabyte i-RAM

Spesifikasi produk :

i-RAM v.1.2
Interface
SATA
Memory Interface
* Memory Slot : 4 DIMMs
* Memory Type : Unbuffered / Non-ECC DDR 200/266/333/400MHz
* Memory Capacity : 4GB
* Memory Height : up to 4.2mm
Backup Battery
1,700mAh lithium battery , PCI 2.2 mechanical compliant slot (charging)
Form Factor
22 x 10.4cm
Supports
Window 98SE / ME / 2000 / XP
Mac OS 8.6 & Above
System Requirement
* One available PCI 2.2 compliant slot
* One available SATA 1.5Gb/s compliant connector
Support chip-set harddisk controller
IDE Mode
Intel ICH6 / ICH6R / ICH7 / ICH7R
NVIDIA nForce4 SLI / nForce4 4X / nForce4 SLI Intel edition + MPC04
SiS 964 / 965L
VIA 8237R
ULi M1689
RAID Mode
Intel ICH6 / ICH6R / ICH7 / ICH7R
SiS 964 / 965L
DDR400 256MB
Samsung K4H560838E-TCCC (ECC)
Micron MT 46V16M8-5B, MT 46V32M8-5BC
TwinMOS TMD7608F8E50D
Infineon HYB25D512160CE-5
RENEON G32Mx8 DDR
Kingston D3208DHIT-5 0508PT10
ProMOS Mosel V58C2256804SCI5 0512PP
NANYA 33561BPX , NT5DS32M16BT-5T
DDR400 512MB
Mosel V58C2256804SAT5B
PSC PSD A256D30BTP 513ASN14 TAIWAN AN-5
Elixir ELIXIR N2DS25680CT-5T, M2U51264DS8HC1G-5T 512MB
Geil MPEA3200C2UD2-512 512M DDR400ULTRA(32M8)
Elpida EBD52UC8KFA-5C PC3200U-3044-0-B1
Veritech Veritech DDR
Infineon HYB25D256800CE
Corsair CMX512-3200XLPRO
DDR400 1GB
Corsair VS1GN400C3

Gigabyte i-RAM adalah sebuah perangkat storage memory berbentuk card biasa dengan 4 slot DIMM memory sebagai memory storage. Gigabyte i-RAM dipasangkan pada PCI slot untuk pengambilan daya baterai ketika bekerja

Front board Gigabyte i-RAM

Back board Gigabyte i-RAM

Gigabyte i-RAM mengunakan chip XILINX Spartan XC3S1000. Chip ini menjadikan media memory module seperti media penyimpan serta membuat Gigabyte i-RAM dapat difungsikan seperti harddisk dengan mengkontrol memory dan mengirim data ke chip controller harddisk pada mainboard

Xilinx Spartan XC3S100

Prinsip kerja Gigabyte i-RAM dengan harddisk konvensional sebenarnya sama. Harddisk memiliki media storage dengan plater atau piring magnetic berbahan aluminum dan menyimpan tiap bit didalam plater. Sedangkan Gigabyte i-RAM mengunakan memory module sebagai penyimpan dan menyimpan data pada cell memory. Tetapi Gigabyte i-RAM tidak lagi memerlukan buffer memory seperti harddisk pada umumnya, karena kecepatan dari tranfer setiap memory module akan lebih cepat dibandingkan pemasangan buffer pada sistem harddisk. Pengambilan data juga berbeda dibandingkan sistem harddisk, dengan lengan harddisk atau disebut Arm maka diperlukan waktu untuk menjangkau area data tertentu untuk mengambil dan menulis data. Untuk kecepatan i-RAM memiliki access time 0.0ms, karena delay sangat kecil pada proses penulisan dan pembacaan didalam Cel Memory. Pemakaian proses pada processor utilitas juga sama seperti harddisk biasa.

Gigabyte i-RAM juga melengkapi lampu indikator. Lampu dengan sinar terang ini menunjukan kondisi Gigabyte i-RAM ketika bekerja. Posisi lampu berada didepan dan belakang board. Bagian belakang menunjukan kondisi access Gigabyte i-RAM seperti volt power, access data, dan posisi charger ke baterai. Sedangkan lampu didepan sebagai petunjuk kondisi baterai

Untuk pentunjuk lampu indikator terdapat 5 lampu.

LED Description
PHY Ready Indikator Gigabyte i-RAM siap digunakan
HD LED Indikator access storage dan adanya traffic data
3V dual Indikator power
Charging Indikator ketika Gigabyte i-RAM melakukan charging baterai ke baterai backup
Fault Indikator unit malfunction
LED baterai with 4 LED (Front board) Green (Full charge), Yellow (Charging), Green/Yellow Blink (Almost full charge), Green (Abnormal )

.

LED Indicator and SATA connector to mainboard controller

Li-ion Rechargeable baterai 1.7A

Install Gigabyte i-RAM

Bagaimana cara memasang Gigabyte i-RAM pada computer.

Gigabyte i-RAM membutuhkan minimal satu DDR1 memory module. Kecepatan memory dapat mengunakan DDR 200-DDR400 atau minimal PC2100. Kombinasi memory module dapat berbeda-beda. Untuk versi 1.2 memiliki kapasitas 4X 1GB atau 4GB total memory. Memory module difungsikan sama seperti plater harddisk yaitu sebagai penyimpan data. Karena space memory seperti jenis server dan diposisikan miring. Memory hanya dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan heatsink.

Cara pemasangan memory module , disarankan dipasang dari tingkat atas lalu turun kebawah. Pada gambar dibawah ini, Gigabyte i-RAM dipasangkan secara penuh dengan 4GB memory terpasang.

Install Gigabyte i-RAM to PCI slot and connection via SATA to mainboard

Setelah dipasangkan memory module, Gigabyte i-RAM dipasangkan ke PCI slot. Fungsi pemasangan pada slot PCI selain untuk tempat posisi Gigabyte i-RAM pada computer, slot PCI menjadi sumber power ketika bekerja atau sedang melakukan recharger baterai backup.

Selanjutnya, Gigabyte i-RAM dihubungkan ke controller harddisk. Seperti pemasangan harddisk biasa dengan cable SATA yang menghubungkan harddisk ke mainboard. Tetapi Gigabyte i-RAM tidak mengunakan power dari 12/5V layaknya harddisk dan power supply diambil dari power slot PCI

Karena Gigabyte i-RAM difungsikan sama seperti harddisk pada umumnya, maka setup dibutuhkan pada BIOS untuk menditeksi Gigabyte i-RAM sebagai harddisk. Gambar dibawah ini adalah tampilkan Gigabyte i-RAM ketika terhubung pada mainboard dan terditeksi pada BIOS.

Detect Gigabyte i-RAM like harddisk media

Pada test dibawah ini, aplikasi Gigabyte i-RAM sebagai logical drive Z pada sistem Windows. Gigabyte i-RAM dapat diaktifkan sebagai bootable misalnya digunakan sebagai harddisk sistem dan melakukan normal boot seperti harddisk.

Make partition and format media Gigabyte i-RAM (sample 4 GB install)

Capacity Gigabyte i-RAM with 4GB memory

Selesai melakukan partisi dan format pada Gigabyte i-RAM, maka perangkat ini sudah siap digunakan

Feature and flexibel with i-RAM :

Apa saja batasan dan kemampuan dari Gigabyte i-RAM. Sebagian fungsi dan batasan pada perangkat ini dapat dilihat pada point dibawah :

  • Memory terendah dapat digunakan dengan Gigabyte i-RAM adalah DDR PC2100. Mengunakan memory lebih cepat tidak akan berdampak pada kecepatan tranfer. Bottleneck atau hambatan pada perangkat ini bukanlah pada kecepatan memory sebagai media storage. Tetapi hambatan terjadi pada koneksi ke i-RAM storage controller memiliki kecepatan yang sama seperti harddisk dengan SATA 1.5Gb. Karenanya, kecepatan tranfer pada chip controller harddisk tetap menjadi penghambat. Misalnya pada teknologi SATA1, maka maksimum peak secara teori hanya mencapai 1.5Gb/s atau memiliki kecepatan tranfer sekitar 150GB/s. Untuk memory module dapat dipasangkan dengan kecepatan berapa saja pada Gigabyte i-RAM, termasuk kombinasi dari kapasitas memory module.
  • Untuk saran dengan pemasangan memory, adalah kombinasi pemasangan dari atas board mengarah kebawah. .
  • Untuk meningkatkan performa dan kapasitas dapat mengunakan sistem RAID bila controller harddisk pada mainboard mendukung. Misalnya pemakai memerlukan kapasitas memory lebih dari 4GB, maka dapat dipasang dengan 2 Gigabyte i-RAM untuk mencapai 8GB dengan RAID 0 untuk satu logical drive. Tetapi dalam kondisi tertentu, kemungkinan fitur ini belum dapat digunakan
  • Fitur baterai pada Gigabyte i-RAM adalah 7 jam. Bila anda mengunakan storage memory untuk Gigabyte i-RAM maka tidak diijinkan melepas kabel power untuk power supply computer. Alasannya, kondisi power idle (kondisi computer mati) sebenarnya digunakan untuk menjaga dan melakukan charger baterai Gigabyte i-RAM. Gigabyte i-RAM dapat dilepas sesaat misalnya untuk memindahkan Gigabyte i-RAM pada mainboard lain, tetapi harus diperhatikan lampu indikator baterai dalam kondisi full dan dapat bertahan selama 7 jam bila kondisi baterai dalam kondisi baik. Bila baterai dalam keadaan low dan pemakai mencabut Gigabyte i-RAM, kemungkinan data pada memory akan kehilangan daya dan menghapus data yang disimpan didalam memory module. Baterai difungsikan untuk menjaga data didalam cell memory.
  • Module memory tidak boleh dilepas dari slot DIMM Gigabyte i-RAM. Memory module akan kehilangan power bila dilepas dan berdampak data pada semua module akan hilang.

Who need this unit - Siapa saja yang membutuhkan alat ini :

  • Gigabyte i-RAM akan berguna untuk pemakaian computer dengan intensitas pada pemakaian storage (Harddisk). Misalnya untuk designer, video dan sound editing. Gigabyte i-RAM dapat mengoptimalkan data pada solid state memory lebih cepat dibandingkan harddisk. Kecepatan tranfer yang konstan akan meningkatkan kinerja operator untuk meningkatkan produktitas. Kendala pada bidang ini adalah pemakaian temporary data yang sangat besar, khususnya pada video editing dan designer. Dengan Gigabyte i-RAM, maka waktu terbuang ketika menyimpan data yang lambat dapat ditekan seminimal mungkin. Demikian juga untuk graphic designer dimana memerlukan beberapa komponen seperti Font yang jumlahnya sangat besar, sementara dapat mengunakan Gigabyte i-RAM untuk menyimpan file font kedalam Gigabyte i-RAM dan dapat di access lebih cepat dan difungsikan ganda untuk temporary drive
  • Web programmer dan database. Bila kapasitas data yang dibutuhkan tidak lebih dari 4GB perunit. Gigabyte i-RAM akan mengoptimalkan pengerjaan pengolahan database dibandingkan pemakaian data harddisk. Pembacaan data lebih lambat bila dilakukan dengan harddisk, sedangkan Gigabyte i-RAM memiliki access time mendekati angka 0 ms. Kecepatan read dan write dengan i-RAM memiliki kemampuan yang sama dan stabil. Dibandingkan harddisk, kecepatan tranfer data dipengaruhi letak data pada platter dan cylinder harddisk, semakin jauh maka semakin lambat data untuk access
  • Para pecinta game. Kapasitas storage 4GB memang bukan sebuah kapasitas yang sangat besar bagi para gamer. Pencinta gamer kemungkinan memerlukan perangkat ini, untuk menyimpan sementara software game yang ingin dimainkan atau menempatkan swap temporary file. Gigabyte i-RAM dipastikan akan lebih cepat meloading data dibandingkan media harddisk dan menghindari gerakan gambar patah yang terjadi di monitor dibandingkan dengan kecepatan harddisk yang akan selalu terganggu karena keterlambatan harddisk.
  • Silent server. Karena Gigabyte i-RAM dapat difungsikan sebagai unit storage seperti harddisk, secara langsung Gigabyte i-RAM dapat difungsikan dengan bootable. Pemakai Gigabyte i-RAM dapat menginstall software OS maupun program dengan batasan dari kapasitas memory yang ada. Dengan Gigabyte i-RAM, sementara waktu harddisk dapat di idle atau tidak bekerja dan Gigabyte i-RAM dapat bekerja selama 24 jam (not test) karena media yang digunakan adalah memory dan lebih cepat tanpa memerlukan waktu idle untuk membaca dan menulis data. Serta tidak menimbulkan suara dibandingkan harddisk
  • Bila terjadi kerusakan pada memory module, maka replacement atau pengantian dapat diganti secepatnya dan data backup dapat dikembalikan dari storage lain seperti harddisk. Dibandingkan dengan harddisk, besar kemungkinan harus diganti baru.

Temp test:

Untuk test temperature pada i-RAM, kondisi suhu ruang 28 deg.C hanya menimbulkan panas pada memory dengan 38 deg.C. Tingkat panas tersebut cukup aman dibandingkan panas dari processor atau VGA. Tetapi ada baiknya menempatkan fan yang langsung mengarah ke bagian memory i-RAM agar memory chip lebih stabil bekerja

Compare cost and speed

Melihat teknologi storage pada akhir tahun 2005, posisi teknologi dari Gigabyte i-RAM adalah sebuah teknologi baru. Gigabyte i-RAM bukanlah satu satunya teknologi storage saat ini dengan bahan memory. Sistem Gigabyte i-RAM memiliki tingkat menengah pada kelas media storage. Untuk perbandingan media storage dapat dilihat pada table dibawah ini, warna yellow adalah kekurangan dari masing masing teknologi :

Tipe storage technology
Harddisk
Swap computer memory via third software
Solid State harddisk
Gigabyte i-RAM
Media Aluminum plater Memory module NAND Flash Memory module
Speed SATA 1.5GB Memory controller SATA 1.5GB SATA 1.5GB
Software No Yes No No
Peak Bandwidth +/- 50-60GB +/- 1.9GB/s - +/- 133GB/s
Random Access 15ms 0ms - 0ms
Utility processor Low High Low Low
Power down Data save Data lost Data save Data save up to 7 hours
Price Low cost Medium Very expensive Medium
Share memory No Yes No No
Capacity storage Huge Low (max. half of RAM computer) High Medium
Recover Need new unit Replacement permodule Need new unit Replacement permodule
Gigabyte i-RAM test

Test Bed :

  • Processor : Pentium M 780 Dothan Core 2.26Mhz
  • Board: MSI i945GM Speedster
  • Memory : Corsair PC5400UL 1GB test with CL 3-2-2-4
  • VGA : Gigabyte Radeon X600 pro
  • Power : OCZ ModStream 520
  • Harddisk : SATA Hitachi 7K250 250GB (compare), 80GB PATA
  • Memory unit tester : Corsair 1GB VS1GN400C3 X 4 module

Kecepatan tranfer rate pada Gigabyte i-RAM memiliki kestabilan pada tranfer data. Harddisk memiliki kendala ketika proses write dan read, karena arm harddisk atau lengan harddisk harus menjangkau daerah dari dalam dan keluar membuat proses pengambilan data menjadi lambat. Gigabyte i-RAM tidak dipengaruhi oleh arm harddisk tetapi pengambilan data melalui cell memory

Test real aplikasi dengan PCmark 04, kecepatan i-RAM diatas kecepatan harddisk. Bandwidth tranfer mencapai 90MB/s, dibandingkan kemampuan harddisk dengan delay besar pada access time dan pengambilan data pada plater harddisk

Untuk test Sisoft sandra, hasil test dari kecepatan i-RAM lebih konstan dengan peak maksimum. Test Sisoft ditujukan pada test copy file

Result

Gigabyte i-RAM adalah teknologi baru dibidang storage. Kemampuan Gigabyte i-RAM memiliki kestabilan pada tranfer data dibandingkan harddisk. Disain Gigabyte i-RAM dengan v.1.2 saat ini baru mencapai 4GB per card. Gigabyte i-RAM adalah sebuah storage dengan keunikan tersendiri dan terbilang baru. Kecepatan dan kestabilan tranfer unit ini sangat ideal digunakan bagi aplikasi khusus seperti Video/Audio Editing maupun grafik desainer dengan kebutuhan swap storage memory. Kami memberikan rate tertinggi untuk Gigabyte i-RAM karena disain dan kemudahan serta inovasi baru pada teknologi storage. Pemakaian Gigabyte i-RAM dipastikan mempercepat dan meningkatkan produktifitas pemakai computer, karena alat ini dapat menekan waktu tunggu serta mempercepat pengolahan data dibandingkan harddisk konvensional. Terlebih bagi mereka yang memerlukan sebuah temporary file cukup besar dipastikan akan terbantu dengan perangkat i-RAM. Untuk akhir kata, Gigabyte i-RAM adalah unit yang dibutuhkan untuk sebuah Dream Machine.

0 komentar: