Istilah-istilah dalam dunia per”ponsel”an


Saat ini di Indonesia ponsel bukan lagi sebagai barang / gadget yang hanya dimiliki oleh kaum berpunya saja, bahkan sudah menyebar ke daerah pedesaan. Hal didukung oleh banyaknya vendor ponsel yang mengeluarkan ponsel baru berbandrol murah belum lagi pulsa isi ulang yang dengan 5000 perak saja udah bis abuat telpon n sms-an. Bahkan banyak diantara kita yang mempunyai ponsel lebih dari satu.

Namun banyak pula yang kayak aku yang belum paham semua istilah-istilah dalam dunia per”ponsel”an. Nah hari ini aku lagi browsing dan mampir di http://sentraponsel.com yang menyediakan halaman tentang beberapa istilah2 dimaksud, diantaranya sebagai berikut (sebagaimana yang termuat di >>> sini)

3G
Jaringan ponsel generasi ketiga.evolusi dari standar GSM yang memungkinkan transfer data broadband lebih cepat.

AAC
Advanced Audio Codec, yaitu format kompresi untuk file musik digital.

Bit Rate
Suatu setting yang digunakan saat mengkompresi musik ke dalam file digital. Bit rate yang lebih tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.tetapi juga ukuran file yang lebih besar.

Bluetooth
Standar komunikasi nirkabel yang memungkinkan ponsel melakukan komunikasi atau transfer data ke PC, ponsel, atau gadget lain.

DRM
Digital Rights Management, yaitu suatu sistem pengamanan untuk mencegah penggandaan secara ilegal musik yang telah di-download.

DVB-H
Digital Video Broadcasting - Handheld,yaitu standar global untuk menyalurkan saluran televisi digital ke ponsel dan peralatan handheld lain.

EDGE
Enhanced Data GSM Environment,yaitu suatu upgrade yang lebih cepat ke GPRS.

GPRS
General Packet Radio System, yaitu suatu upgrade ke GSM yang memungkinkan data dipecah dan dikirimkan dalam paket-paket, mirip dengan cara kerja internet. Kadang-kadang disebut juga sebagai Jaringan 2,5G.

GSM
Global System for Mobile,yaitu teknologi digital yang menyokong Jaringan 2G.Digunakan oleh 80 persen dari ponsel di seluruh dunia.

HSDPA
High Speed Downlink Packet Access, yaitu suatu upgrade ke WCDMA yang memungkinkan download lebih cepat ke ponsel 3G.

Megapixel
Ukuran resolusi dalam kamera digital.Sama dengan satu juta pixel.

MMS
Multimedia Messaging Service, layanan pesan yang memungkinkan suara, foto, dan video untuk diselipkan ke dalam pesan teks.

MP3
MPEG-1 Layer 3,yaitu standar kompresi paling umum untuk memproduksi file musik digital.

PictBridge
Standar komunikasi yang memungkinkan ponsel dan kamera digital untuk dikoneksikan secara langsung ke printer foto.

SMS
Short Messaging Service,yaitu pesan singkat dalam bentukteks.

WAP
Wireless Application Protocol, yaitu standar internasional untuk aplikasi yang digunakan pada ponsel, misalnya untuk mengakses internet. Dirancang khusus untuk mengatasi keterbatasan layar ponsel.

WCDMA
Wideband Code Division Multiple Access, teknologi yang menyokong Jaringan 3G.

Wi-Fi
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu local area network tanpa kabel yang memenuhi standar industri.

WLAN
Wireless Local Area Networks, yaitu koneksi nirkabel ke internet yang dapat ditemukan di rumah-rumah, perkantoran, atau hotspot umum.

WMA
Windows Media Audio,yaitu format kompresi Microsoft untuk file musik digital yang dapat dimainkan di Nokia N91.

XpressPrint
Paket solusi printing dari Nokia yang memungkinkan foto dicetak secara langsung dari handset secara online, di rumah, atau di toko-toko.

0 komentar: