ISD 1420 Sebagai Penyimpan Suara


Information Storage Device adalah sebuah chip IC yang mampu merekam dan menyimpan data suara yang direkam tersebut dalam interval waktu tertentu. Pada setiap jenis IC ISD kode nama pada dua digit terakhir menunjukkan lama duarasi waktu maksimal yang mampu disimpan kedalam device tersebut.

Didalam IC ini telah include beberapa kebutuhan perekaman dan pemanggilan data kembali diantaranya penguat mikrofone, filter suara dan penguat speaker untuk menampilkan suara kembali. Diagram skematik single chip ISD 1420 ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Gambar 1. Top view IC ISD 1420
Didalam Chip IC ISD 1420 terdapat blok rangkaian yang lengkap untuk merekam suara, menampilkan suara yang terekam baik secara keseluruhan kalimat yang terekam maupun menampilkan keseluruhan kalimat tersebut dalam bentuk per kata. ISD 1420 juga dilengkapi dengan port 8 pin yang bisa dihubungkan dengan port mikrokontroller dengan tujuan untuk proses pengalamatan kata-kata yang tersimpan didalamnya. Tombol REC harus dihubungkan dengan ground ketika kita ingin memasukkan serangkaian kata-kata yang ingin disimpan kedalam IC tersebut. Untuk menampilkan semua kata yang tersimpan didalam IC tersebut dilakukan dengan menghubungkan pin PLAYE menuju ground. Sedangkan untuk memisahkan kalimat yang tersimpan tersebut menjadi kata-perkata dilakukan dengan menghubungkan ke ground pin PLAYL. Suara yang tersimpan tersebut juga bisa langsung ditampilkan pada speaker melalui SP+ dan SP-.

0 komentar: