Istilah - Istilah Komputer

Cookie
Suatu file yang disimpan ke dalam harddisk Anda ketika mengakses halaman homepage tertentu. File ini seringkali berisi informasi seperti kebiasaan surfing Anda, dan pilihan apa saja yang telah Anda lakukan, pada kunjungan berikutnya homepage dapat mengenali Anda.

Database
Merupakan suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common access. Semua besaran data ditujukan pada beberapa sistem yang berhubungan. Sebuah databasee dapat memiliki beberapa data item yang bisa dipasang ke dalam banyak tipe perekaman yang berbeda.

Dial Up Connection
Koneksi antara dua komputer menggunakan saluran telepon dan modem. Koneksi Dial Up merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet.

Directory Caching
Merupakan salah satu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk meningkatkan performance. Dalam directory caching, salinan FAT dan directory entry table ditulis ke dalam memory server jaringan. Sebuah lokasi file kemudian dapat dibaca dari memori, yang mana lebih cepat daripada pembacaan lewat disk.

Directory Hashing
Merupakan suatu metode pengindeksan lokasi file pada suatu disk, sehingga dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk mencari letak file pada disk tersebut.

Disk Mirroring
Suatu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk melindungi data dari kesalahan hardware jaringan. Dengan disk mirroring, semua data pada sebuah hard disk diduplikasikan pada hard disk kedua pada saluran yang sama. Semua penulisan pada disk pertama akan dilakukan juga pada disk kedua. Jika hard disk pertama mengalami masalah, disk kedua secara otomatis akan mengambil alih.

DNS

DNS atau Domain Name System adalah suatu sistem untuk memetakan IP address dan nama host, dan untuk sarana bantu penyampaian email (email routing).

Downlink
Downlink dapat diartikan sebagai saluran untuk mengirim data keluar (ke suatu server di internet).

Download
Adalah proses untuk mengambil file dari internet.

Downstream
Sebuah bentuk transmisi (pengiriman sinyal) dari server kepada “end user” atau orang yang mengakses ke server, transmisi downstream dapat terbentuk didalam lalulintas jaringan komputer seperti LAN, WAN dsb yang berakhir di end user tadi. Lawan atau kebalikan dari Downstream adalah Upstream.

Email
Singkatan dari Electronic Mail, yang merupakan cara berinteraksi para pengguna komputer dalam berkirim surat melalui Internet.

Emoticon
Singkatan dari Emotion Icon, lambang atau gambar yang digunakan untuk mempermudah percakapan saat kita ber- chatting ria terutama untuk mengekspresikan diri, contohnya adalah; :-){tersenyum}, :-({sedih}, dll.

Encryption
Adalah pengcakan atau penyandian data untuk keamanan data.

End system
Adalah suatu device dalam sistem komunikasi yang berfungsi sebagai sumber atau tujuan akhir suatu data.

Ethernet
Adalah kabel jaringan dan skema protokol akses yang dibbuat oleh DEC, Intel dan Xerox, tetapi sekarang terutama dipasarkan oleh DEC dan 3Com.

Errata
Adalah nama kode kesalahan program yang ada pada OS Linux, sehingga server yang memakai OS ini harus meng-upgrade beberapa file sistemnya agar tidak dapat disusupi oleh orang jahil.

FAQ
FAQ atau Frequently Asked Question adalah suatu kumpulan dari pertanyaan yang sering diajukan (beserta jawabannya).

Fiber Optic
Kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal, sering dipakai sebagai saluran BACKBONE karena kehandalannya yang tinggi dibandingkan dengan coaxial cable atau kabel UTP.

Finger
Adalah aplikasi yang menampilkan informasi tentang user tertentu atau semua user yang sedang login pada local system atau pada remote system. Yang ditampilkan biasanya nama panjang user, waktu login terakhir, waktu idle, terminal line dan lokasi terminal.

Firewall
Suatu program yang diterapkan untuk melindungi jaringan komputer terhadap akses-akses tertentu dari luar jaringan.

Flame
Istilah ini dipakai dalam newsgroup atau mailing list, untuk isu yang dikeluarkan oleh seseorang yang bisa menyebabkan terjadinya polemik

Fragment
Adalah suatu bagian dari paket. Saat router mengirimkan sebuah paket IP ke suatu jaringan yang memiliki ukuran paket maksimum yang lebih kecil dari ukuran paket itu sendiri, maka paket tersebut menjadi fragment-fragmetn. Fragment-fragment ini kemudian akan disusun kembali pada lapisan IP pada host tujuan.

FTP
FTP atau File Transfer Protokol adalah suatu protokol internet yang digunakan untuk mentransfer file ke sebuah web server di internet sehingga file tersebut bisa diakses dari mana pun juga. Untuk memasuki FTP web server, seseorang harus mempunyai username dan password. FTP juga bisa disetting “Anonymous”, sehingga orag yang memasuki suatu alamat FTP, tidak memerlukan username dan password. FTP di internet dikenali pada port 21.

GIF
Gif atau Graphics Interchange Format merupakan suatu format file untuk menyimpan data yang berupa gambar. Gif ini dikembangkan pertama kali oleh Compuserve.

Host

Adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan, yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi. Biasanya menunjuk pada mainframe dan minicomputer.

HTTP
HTTP atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internt Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. HTTP pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dengan versi HTTP/0.9. Versi terbaru HTTP adalah HTTP/1.1.

Hub
Perangkat penghubung komputer-komputer dalam jaringan (LAN)kepada server, terutama pada jaringan dengan bentuk STAR. HUb memiliki banyak port dan tiap port diisi oleh satu komputer.

ICMP
ICMP atau Internet Control Message Protocol adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan atau paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP).

IEEE
ICMP atau Institute of Electrical and Electronic Engineers adalah institut yang membuat standarisasi jaringan untuk pengkabelan, topologi fisik dan skema pengaksesan.

IMAP

IMAP atau Internet Message Access Protocol adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. [pengirim : Sari]

Internet
Kumpulan dari Network (WAN) yang sangat luas yang saling terkoneksi dan dapat saling berkomunikasi.

IP
IP atau Internet Protocol adalah protokol di internet yang mengurusi masalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga ia sampati ke alamat yang benar.

Java

Adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi berorientasi obyek yang dikembangkan pertama kali oleh Sun Microsystem pada tahun 1995. Source code bahasa Java berakhiran .java dan setelah dikompilasi menjadi file bytecode berakhiran .class. Keunggulan utama bahasa Java adalah multiplatform, yaitu dapat dijalankan pada bermacam-macam system operasi, seperti UNIX, Macintosh dan Windows, berkat adanya interpreter Java bernama Java Virtual Machine (JVM). Java menjadi populer karena banyak digunakan pada aplikasi World Wide Web dalam bentuk aplikasi kecil bernama Java Applet. [pengirim : Sari]

Kerberos
Adalah suatu sistem keamanan berdasarkan enkripsi yang menyediakan pembuktuan keaslian (mutual authentication) bersama-sama antara komponen client dan komponen server dalam lingkungan computing terdistribusi. Kerberos juga menyediakan hak-hak layanan yang dapat digunakan untuk mengontrol client mana yang berwenang mengakses suatu server. [pengirim : Sari]

Kernel
Merupakan inti dari suatu sistem operasi yang berfungsi untuk mengatur system resources.

LAN
Lan atau Local Area Networks adalah suatu sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya. Selain itu juga dapat menghubungkan antara komputer PC dengan perlengkapan elektreonik, memungkinkan pengguna untuk saling bekomunikasi, menggunakan resource yang dapat berupa tempat penyimpanan data dan printer secara bersama-sama, dll.

Majordomo
Adalah salah satu software yang digunakan untuk menangani mailing list.

Mirror site
Merupakan duplikat dari suatu situs yang ditempatkan pada server yang berbeda dengan server aslinya. Fungsi mirror site ini adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas data pada suatu situs.

MP3
Sebuah file extensi yang diasosiasikan kepada Mpeg Audio Layer 3. Jenis file ini memungkinkan penyimpanan file audio/musik dalam ukuran byte yang relatif kecil tanpa pengurangan kualitas yang berarti.

Modem
Modem atau modulator demodulator adalah suatu alat yang bekerja mengubah sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan sebaliknya.

Moderator
Adalah orang yang bertanggung jawab atau mengatur suatu mailing list atau news group. Moderator dapat menentukan siapa saja yang dapat melakukan posting ke suatu mailing list, dapat mengeluarkan seseorang dari suatu mailing list, dsb.

Netiquette
Adalah suatu aturan atau etika dalam berinternet.

Network adapter
Adalah suatu alat yang terpasang pada komputer baik server maupun workstation sehingga memungkinkan keduanya untuk saling berkomunikasi pada suatu jaringan.

Newsgroup
Adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan sebagai forum diskusi di Internet. Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis, dengan huruf pertama sebagai kategori subyek, misalnya sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer), dan lain-lain. Untuk menggunakan newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan koneksi internet ke news server terdekat.

Network
Sekumpulan dari komputer-komputer yang saling terkoneksi dan dapat berinteraksi/berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

OS/2
Adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputer IBM.

Query
Adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.

Repeater
Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen (satu atau lebih) kabel LAN yang lain. Dengan adanya repeater ini jarak antarjaringan komputer dapat dibuat lebih jauh.

Server
Sebuah komputer yang mengatur jalannya lalu lintas komunikasi antar komputer atau network.

SNMP

SNMP atau Simple Network Management Protocol adalah protokol yang didesain untuk memberikan kemampuan kepada pemakai untuk mengelola jaringan komputernya dari jarak jauh atau remote. Pengelolaan ini dilaksanakan dengan cara melakukan polling dan setting variabel-variabel elemen jaringan yang dikelolanya.

Subnet Mask
Adalah angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

TCP/IP
TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Dengan TCP/IP ini perbedaan sistem operasi pada masing-masing komputer yang terhubung tidak menjadi masalah. Komputer dengan sistem operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau Sun SPARC yang menggunakan Solaris.

Telnet

Adalah protokol yang digunakan untuk melakukan remote access, yaitu mengakses suatu “machine” dari jarak jauh. Dan “machine” ini memakai OS berbasis *NIX (linux, BSD maupun Unix). Akses telnet di internet dikenali pada port 23.

Terminator
Perangkat yang dipasang pada ujung kabel RG-58 jaringan Ethernet yang gunanya untuk menghilangkan loss (rugi2 sinyal)pada saat sinyal dikirimkan.

Traffic
Dalam dunia telekomunikasi diukur dalam satuan Erlang, adalah jumlah muatan yang ada atau terkandung didalam sebuah saluran komunikasi dimana terjadi interaksi antara server/provider dengan user, makin sedikit traffic yang terjadi makin cepat aksesnya.

UDP
UDP atau user datagram protocol adalah suatu protokol pada lapisan Transport yang menyediakan layanan pengantaran datagram connectionless dengan usaha yang terbaik.

Ultra DMA
Ultra DMA (UDMA) adalah protokol transfer data antara harddisk melalui bus komputer menuju RAM. Tulisan UDMA/33 artinya memiliki kecepatan transfer data maksimum 33,3 Mb per detik. UDMA memiliki kompatibilitas dengan harddisk IDE/EIDE dengan penggunakan kabel inrterface yang sama.

UPS
Singkatan dari Uninterruptable Power System , adalah perangkat yang merupakan back up catu daya bagi jaringan komputer agar dapat terus bekerja saat sumber daya dari PLN padam.

Unicode

Adalah nama kode kesalahan program yang ada pada OS Microsoft Windows NT serta IIS. Sehingga jika suatu server memakai WinNT sebagi OS-nya maka OS tersebut harus di patch dengan benar, agar data yang ada tidak dapat dirusak oleh para script kiddies.

WAIS
WAIS atau Wide Area Information Servers adalah suatu layanan terdistribusi yang menawarkan masukan bahasa alami sederhana, pencarian berindeks untuk perbaikan secara cepat serta suatu mekanisme “timbal balik yang relevan” dimana hasil-hasil pencarian awal dapat mempengaruhi pencarian yang akan datang.

Workstation
Komputer yang digunakan oleh user untuk mengakses data dari/ke komputer server atau antar komputer.

World Wide Web
Adalah suatu sistem informasi terdistribusi berbasis hypertext yang dibuat oleh para peneliti CERN. Dengan www, user dapat membuat, mengedit, atau sekedar melihat-lihat dokumen hypertext (seperti yang sedang Anda lakukan saat ini).

Workgroup
Dua orang atau lebih yang terhubung melalui LAN yang menggunakan file, database, dan resource lain secara bersama-sama.

X.25
Adalah standar CCITT yang mendefinisikan protokol komunikasi untuk mengakses jaringan packet switched.

0 komentar: