CD-ROOM Troble ini kiat -kiatnya......


Meskipun pada tahun 2007 ini, CD-ROM sudah tak trend lagi bagi sebagian orang namun perangkat satu masih banyak juga yang menggunakannya. oleh karena itu saya mencoba memberikan referensi dan solusi siapa tahu saja berguna bagi anda, tentunya situs ini . Posting tentang CD-ROM ini berawal dari kasus user saya yang mengalimi stress akibat CD-ROMnya bermasalah.
Sebelum memasuki pembahasan inti alangkah baiknya bila kita mengenal kulit luar dari CD-ROM ini. CD-ROM ditemukan pada tahun 1984, CD-ROM dapat menyimpan file digital audio sepanjang 74 menit dan file data komputer sebesar 650 MB atau bahkan 74 menit VHS full motion video dan audio. Pada awalnya CD-ROM ini menggunakan sistem transfer dengan metode PIO (Programmable Input Output) namun mempunyai kelemahan yaitu membebani CPU karena CPU harus menangani proses transfer data dan seringkali byte per byte. Dengan melirik pada kelemahan tersebut maka CD-ROM menggunakan DMA mode karena lebih effisien dan resource yang dibutuhkan hanya beberapa persen dari CPU. DMA mode menggunakan hardware untuk mengontrol transfer data langsung ke sistem memory, dan hanya membutuhkan alokasi memori awal dan “handshaking” yang minimal dari CPU. Kelebihan yang lain adalah peforma DMA yang selalu konsisten.
Sekarang kita coba masuk lebih dalam mengenai CD-ROM ini, yaitu bagaimana melakukan kutak-kutik atau 'tweaking' untuk CD-ROM yang mungkin bisa berguna untuk meningkatkan performa dari CD-ROM kita.
Langkah pertama untuk dapat berhasil melakukan 'tweaking' adalah tentu saja mendownload driver terbaru untuk peralatan tersebut. Namun kebanyakan drive CD-ROM saat ini tidak membutuhkan driver lagi karena telah dapat dikenali langsung oleh Windows. Tapi melakukan update terhadap 'firmware' dapat memperbaiki bugs.
langkah kedua, Mengaktifkan opsi DMA (Direct Memory Access) tidak memberikan peningkatan kecepatan secara drastis, tapi akan meringkan beban dari CPU. Tapi sayangnya tidak semua CD-ROM dapat menggunakan opsi ini dengan baik, jadi hasilnya akan berbeda pada setiap CD-ROM. caranya:
Klik kanan pada My Computer pada desktop, lalu pilih Properties, Klik pada tab Device Manager. Klik tanda + pada sebelah CDROM, Klik 2 kali pada drive CD-ROM (biasanya terletak di sebelah CDROM). Klik tab Settings pada bagian atas. Periksa Check Box yang bertuliskan DMA. Ketika kalian berada pada modus tersebut cobalah juga untuk mengaktifkan opsi "Sync Data Transfer" juga. Sekarang Reboot komputer kalian, jika tidak berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan maka kalian harus menonaktifkan opsi tersebut.
Langkah selanjutnya adalah setting CD-ROM Cache, kebanyakan orang lebih suka untuk mengatur cache CD-ROM dengan ukuran yang kecil, tetapi saya lebih suka mengaturnya dengan ukuran yang lebih tinggi. CD-ROM kalian mungkin telah memiliki cache yang besar, jadi periksalah dan pastikan hal tersebut. Untuk melakukan 'troubleshoot' pada beberapa games kalian harus merubah settingan tersebut ke kondisi semula. caranya:
Klik kanan pada My Computer pada desktop, lalu pilih Properties, Klik tab Performance. Klik tombol File System yang berada di bawah. Klik pada tab CD-ROM yang terletak diatas. Pastikan bahwa CD-ROM kalian di setting untuk Quad-speed or higher, jika tidak lakukan setting untuk hal tersebut. Cara tersebut akan memungkinkan kita untuk menentukan ukuran dari cache. Sekarang kita kita rubah ukuran dari cache itu sebesar mungkin, seharusnya sekitar 1238 KB.
yang perlu anda perhatikan juga adalah, pastikan bahwa drive CD-ROM tidak menggunakan kanal IDE yang sama dengan harddisk. Membagi kanal IDE dapat menurunkan kecepatan CD-ROM dan akses haddisk secara dramatis. Pastikan juga drive tersebut dikonfigurasikan sebagai 'master' pada kanal IDE daripada sebagai 'slave'. Hal ini akan meningkatkan waktu akses dengan memungkinkan drive CD-ROM diakses dengan prioritas.
Juga gunakanlah pembersih lensa CD yang baik, karena hal ini juga akan meningkatkan kecepatan, sebab lensa yang kotor akan menurunkan waktu akses, seperti pembacaan pada media CD yang 'scratch'. Dan pada saat melakukan pembersihan lensa CD, bersihkanlah juga tray dari CD-ROM sehingga dapat memperpanjang umur dari CD-ROM kita.

Terakhir saya akan berikan tips penyelamatan CD/DVD anda yang tergores. Banyak software penyelamat data, yang free atau shareware diantaranya seperti CD Check dari http://elpros.si/CDCheck/, Badcopy Pro dari http://www.jufsoft.com, dan CD Data Rescue dari http://www.naltech.com. Namun Sehebat apapun software tersebut tetap saja tergantung pada kualitas hardware. Hardware yang sangat berperan dalam penyelamatan data pada CD adalah CD-ROM / CD-RW / DVD-ROM Drive. Semakin baik kualitas error corection CD-ROM drive tersebut maka semakin besar peluang terselamatkannya data dari CD.
Sekarang bagaimana menyelamatkan data pada CD yang tergores? langkah ini saya kutip dari IQ CD STUDIO "Lihat secara fisik keping CD tersebut pastikan tidak ada kotoran pada permukaan bawahnya (bagian sensitif, yang dibaca oleh optik CD-ROM). Bila ada kotoran atau goresan ringan bersihkan dengan cairan pembersih khusus keping CD, yang dijual dipasaran dalam kemasan botol kaleng. Bila hal ini telah dilakukan dan kotoran serta goresan berkurang atau hilang, maka sudah dipastikan semua data dalam CD tersebut bisa diselamatkan 98%, 1% nya tergantung kualitas penulisan data tersebut ke CD dan 1% lagi kualitas error correction CD-ROM drive.
Setelah goresan berkurang coba copy data-data yang tidak terbaca tadi ke hardisk. Setelah semua data-data terselamatkan, cek data-data tersebut dari file corrupt dengan membuka data-data tersebut. Bila OK,segera Backup ke cd yang baru. CD yang sudah dipoles jangan dibiarkan terlalu lama tidak dibackup, karena permukaan cd semakin tipis dan lebih mudah berjamur, atau bila tergores-gores lagi, kecil kemungkinan data akan terselamatkan.
Mudah-mudahan dengan posting ini bisa memberikan solusi bagi anda dalam beraktifitas dengan komputer.
Sang ahli mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi anda kaum Muslimim.
oh iya.. sedikit tambahan bila ada masukkan atau saran silahkan tuliskan pada link comment dibawah. siapa tahu saja ada saudara-saudara kita yang sangat butuhkan solusinya, dan tentu saja melengkapi tulisan saya ini. karena saya sadar tidak akan lengkap tanpa bantuan anda. terima kasih... dan merdeka

0 komentar: